Lahir Baru Melalui Roh Kudus

Renungan Keluarga Allah
Rabu, 11 Mei 2016

BACAAN HARI INI

1 Korintus 12:1-11

RHEMA HARI INI

1 Korintus 12:3b …tidak ada seorangpun, yang dapat mengaku: “Yesus adalah Tuhan”, selain oleh Roh Kudus.

Ronal adalah seorang pria muda yang kedua orang tuanya adalah seorang Kristen. Sejak remaja Ronal sebisa mungkin datang ke gereja setiap minggu. Ronal bahkan mengikuti kegiatan di gereja yang disediakan untuk remaja. Karena kedua orang tuanya adalah Kristen, Ronal pun juga memilih untuk menjadi Kristen. Ronal tahu bahwa dirinya juga manusia berdosa yang membutuhkan Juru Selamat sehingga Ronal pun mengambil keputusan untuk dibaptis.

Suatu ketika Ronal harus tinggal di luar kota karena studinya. Banyak godaan datang saat Ronal tinggal jauh dari orang tuanya, seperti ajakan untuk minum alkohol, menonton video asusila, membolos kuliah, dsb. Ronal pun terpengaruh oleh ajakan teman-temannya. Tetapi karena sudah “terbiasa” pergi ke gereja, Ronal tetap datang ke gereja setiap minggu. Ronal menjalani “double life”. Konflik batinpun terjadi dalam diri Ronal. Ronal ingin sekali berhenti dari kebiasaan-kebiasan buruknya tetapi ia tidak sanggup melakukannya.

Suatu hari Ronal membuka Alkitabnya dan membaca Roma 10:9, “Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu bahwa Yesus adalah Tuhan…” Seketika itu juga Ronal menyadari kesalahannya. Selama ini Ronal hanya mengenal Yesus sebagai Juru Selamat yang menghapus dosa-dosanya, tetapi tidak mengenal Yesus sebagai Tuhan. Roh Kudus menyadarkan Ronal bahwa ia harus mengakui Yesus sebagai Tuhan juga, serta tunduk kepada perintah-perintah Yesus. Ronal segera berdoa dengan bimbingan Roh Kudus, dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat atas hidupnya. Dan Roh Kudus benar-benar bekerja dalam hidup Ronal. Dengan pertolongan Roh Kudus, Ronal mampu keluar dari kebiasaan-kebiasaan buruknya. Ronal mengalami hidup baru, yaitu hidup di bawah pimpinan Tuhan Yesus karena Roh Kudus tinggal di dalam hatinya.

Kita biasanya ingat bahwa Yesus adalah Juru Selamat tetapi seringkali lupa, bahkan tidak tahu bahwa Yesus adalah Tuhan atas hidup kita. Hanya Roh Kudus yang bisa memberikan pewahyuan ini kepada kita. Tuhan Yesus berkata bahwa yang bisa masuk dalam Kerajaan Allah adalah orang yang lahir baru. Dan lahir baru itu tidak didapatkan melalui datang ke gereja setiap minggunya, seperti yang dialami Ronal. Lahir baru adalah saat Roh Kudus masuk dalam hidupmu dan hidupmu benar-benar berada dalam pimpinan Tuhan Yesus. Sudahkah anda lahir baru? Jika belum, ini adalah saatnya Anda meminta Roh Kudus masuk dalam hidup Anda. Biarkan Pribadi itu masuk dan jangan tunda! Allah memberikan Roh Kudus kepada setiap orang yang memintaNya.

RENUNGAN

Datang ke gereja tiap minggu tidak menjadikan Anda lahir baru. Lahir baru adalah saat dimana ROH KUDUS MASUK dalam hidupmu.

APLIKASI

  1. Ikatan-ikatan apakah yang terbuka ketika Anda lahir baru?
  2. Bagaimanakah Roh Kudus menolong Anda dalam kehidupan baru bersamaNya?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, terima kasih atas kasih karuniaMU yang besar untuk kami. Terima kasih atas pengorbananMU di kayu salib. Tuhan, mohon penuhilah kami dengan Roh KudusMU. Pimpin kami dalam setiap langkah kami. Kami mau Engkaulah yang menjadi Tuan atas hidup kami. Di dalam Nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Matius 1
Lukas 2