Lakukan Segala Sesuatu untuk Tuhan

Renungan Keluarga Allah
Rabu, 10 Agustus 2016

BACAAN HARI INI

Kolose 3: 18 -25

RHEMA HARI INI

Kolose 3:23 Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.

Enny adalah seorang guru Sekolah Minggu di sebuah gereja yang cukup besar di satu kota besar. Dia terlibat dalam pelayanan anak sudah beberapa tahun. Awalnya dia ikut melayani sebagai guru sekolah minggu biasa saja, sampai akhirnya dia ikut aktif di Departemen Anak dan banyak bidang mulai dipercayakan kepadanya yang sebelumnya tidak pernah dia bayangkan.

Ketika rekan pelayanan tidak seperti yang diharapkannya, dia akan selalu menyemangati dirinya bahwa apapun yang dilakukannya ini, semua untuk Tuhan bukan untuk manusia. Jadi dia akan bersemangat lagi dalam melayani Tuhan dan selalu berusaha melayani dengan sungguh-sungguh. Tidak peduli dengan orang lain, yang terpenting dia ingin menyukakan hati Tuhan. Pekerjaan-pekerjaan yang kecil yang orang lain tidak mau lakukan, dia akan melakukannya dengan sukacita karena dia mengerjakannya untuk Tuhan, supaya Tuhan senang.

Begitu pula dalam hidup kita, hendaknya kita selalu melakukan yang terbaik seperti untuk Tuhan. Bukan suatu kebetulan Tuhan menempatkan kita di tengah-tengah keluarga kita, sekolah kita maupun tempat kerja kita saat ini. Saat kita mengerjakan pekerjaan kita, hendaklah kita mengerjakan dengan kesungguhan hati bukan hanya untuk menyukakan atasan kita. Jangan pula kita bekerja sebaik-baiknya hanya pada saat ada atasan kita. Ada atau tidak ada atasan kita, kita harus tetap bekerja dengan baik, bekerja dengan tulus. Ingat, Tuhan selalu mengawasi kita.

Ketika kita di sekolah atau kuliah, kita juga harus memiliki integritas yang besar. Jangan pernah menyontek meskipun teman-teman kita semua melakukannya. Jangan pernah menitip absen, karena itu sama halnya kita tidak jujur. Kejujuran merupakan tanda bahwa kita memiliki integritas dalam hidup kita. Integritas sedini mungkin akan membuat masa depan lebih baik. Begitu pula di tengah keluarga kita, sebagai anak, suami, istri ataupun orangtua kita harus jujur dan terbuka dengan anggota keluarga kita. Kita harus memiliki sikap yang sama/tidak berpura-pura ketika berada di rumah ataupun di luar rumah.

Orang yang memiliki integritas selalu menjaga setiap tindakan yang dilakukannya. Ada atau tidak ada orang yang melihat, dia akan melakukan hal yang sama. Karena itu, kerjakanlah segala sesuatu yang saat ini Tuhan percayakan kepada Anda dengan hati Anda. Kerjakan dengan tujuan untuk melayani Tuhan, untuk membuat Tuhan senang bukan untuk menyukakan manusia. Ketika kita mengerjakan segala sesuatu untuk melayani Tuhan dan mengerjakannya dengan sebaik-baiknya, upah, berkat yang luar biasa Tuhan sediakan untuk kita. (LEW)

RENUNGAN

Kunci hidup dalam INTEGRITAS: melakukan segala sesuatu seperti UNTUK TUHAN.

APLIKASI

  1. Sudahkah kita melakukan segala sesuatu seperti untuk Tuhan?
  2. Dalam hal apa kita masih belum bisa melakukan segala sesuatu seperti untuk Tuhan?
  3. Hal apa yang menghalangi Anda belum bisa melakukan segala sesuatu untuk Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

“Hari ini Engkau telah mengingatkan kami untuk selalu mengerjakan segala sesuatu untuk Engkau. Ajari kami selalu bekerja sebaik-baiknya. Ajari kami bersikap tulus dan jujur dalam segala hal. Terima kasih Tuhan Yesus, dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amien.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Ayub 6-9