Layanilah dengan Tulus

Renungan Keluarga Allah
Jumat, 15 Juli 2016

BACAAN HARI INI

1 Petrus 4:7-11

RHEMA HARI INI

1 Petrus 4:8 Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa.

Apabila kita berbicara tentang melayani, maka teladan yang paling luar biasa adalah Tuhan Yesus sendiri. Tuhan Yesus memberikan teladan pelayanan yang sempurna. Dia menjelaskan bahwa Dia tidak datang ke bumi untuk dilayani melainkan untuk melayani serta untuk memberikan nyawaNya bagi kita. Yesus mengatakan bahwa “Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu, dan barangsiapa ingin menjadi terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hambamu” (Matius 20:26–27). Yesus juga memberi teladan dengan mengambil ember berisi air dan handuk serta membasuh kaki murid-muridNya. Pada masa itu membasuh kaki tamu merupakan tanda penghormatan dan biasanya dilakukan oleh seorang hamba. Yesus melakukan hal itu sebagai contoh akan kasih dan pelayanan.

Sering kita berpikir bagaimana caranya untuk dapat melayani. Sebetulnya melayani tidak perlu rumit atau jauh-jauh, kita dapat mulai dengan melayani keluarga kita sendiri. Keluarga adalah unit paling penting dalam masyarakat sehingga apabila kita melayani keluarga kita dengan tulus, maka keluarga Anda akan menjadi keluarga yang kokoh dan peduli dengan sesama. Suami dan istri dapat saling menyadari kebutuhan pasangannya dan saling menolong dalam pekerjaan rumah tangga, saling membantu dalam merawat anak-anak dan orang tua, serta saling mendukung dalam mengejar minat atau pencapaian karir pasangannya. Orang tua dapat melayani anak-anaknya dengan memenuhi kebutuhan fisik (seperti kebutuhan makanan, rumah dan pakaian) maupun kebutuhan jiwa mereka (seperti memberikan pengajaran rohani dan pengajaran sekolah, serta bermain dan mendukung minat anak-anaknya). Anak-anak dapat melayani kedua orang tuanya dengan menghormati orang tua, rajin belajar, saling membantu di antara kakak adik, dan menyenangkan hati kedua orang tuanya. Melayani keluarga kita dengan tulus dan hati yang penuh kasih sayang merupakan salah satu bahasa kasih yang dapat kita berikan kepada orang-orang yang kita kasihi.

RENUNGAN

LAYANILAH KELUARGA Anda dengan tulus, maka itu akan MENYENTUH HATI mereka sehingga mereka tahu bahwa Anda benar-benar peduli dan mengasihi keluarga Anda.

APLIKASI

  1. Apa tindakan yang sudah Anda lakukan sebagai bahasa kasih Anda untuk anggota keluarga Anda?
  2. Apa tindakan yang selanjutnya Anda dapat lakukan untuk melayani anggota keluarga Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, terima kasih atas keluarga yang sudah Engkau anugrahkan kepada kami. Ajarkan dan ingatkan kami selalu Tuhan agar kami memulai pelayanan kami dari keluarga kami dahulu sehingga keluarga kami merupakan keluarga yang memahami nilai kasih Tuhan dalam hidup kami dan membagikannya dengan sesama kami. Dalam nama Yesus, kami berdoa dan mengucap syukur. Amin”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Roma 11-13