Lebih Mulia Dan Berharga

Renungan Keluarga Allah
Jumat, 04 November 2016

BACAAN HARI INI

Yakobus 1:12-18

RHEMA HARI INI

Yakobus 1:12 Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.

Setiap dari kita pasti pernah merasakan yang namanya sekolah. Entah itu jenjang SD, SMP, SMA maupun perguruan tinggi. Ketika kita bersekolah, pelajaran yang kita terima bermacam-macam. Guru yang mengajar juga berbeda, tergantung jenis mata pelajarannya. Kemudian, di setiap akhir masa pelajaran, pasti ada yang namanya ulangan ataupun ujian akhir. Semua siswa, siap atau tidak, mau tidak mau, harus mengikutinya. Sebagai murid, mereka tentunya akan belajar dengan tekun dan mengulang setiap pelajaran yang sudah diberikan. Namun, perjuangan sebagai murid bukan hanya itu saja, yang terpenting adalah bagaimana mereka mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian tersebut, bagaimana kejujuran mereka ketika sedang mengerjakan ujian, dan bagaimana kedisiplinan mereka. Proses inilah yang menentukan hasil akhir serta kualitas dari seorang murid.

Kehidupan yang kita jalani saat ini mungkin juga mirip dengan itu. Mungkin saat ini Tuhan Yesus, Sang Guru Agung kita sedang memberikan kita ujian ataupun ulangan kehidupan. Permasalahan, sakit-penyakit, dan badai kehidupan seolah-olah tidak mau pergi dari kehidupan kita. Bagaimana respons kita dalam menghadapi ujian kehidupan itu? Apakah kita sudah mempersiapkan diri kita sebaik-baiknya? Sudahkah kita mempelajari setiap perkataan Tuhan dalam Alkitab? Percayalah, Tuhan tidak pernah meninggalkan kita. Guru kita selalu mengawasi kita. Dia selalu ada bersama kita dalam keadaan apapun.

Dalam saat-saat seperti itu, kita bisa belajar untuk mengandalkan Tuhan, kita bisa mengenal kuasa mujizat-Nya, kita bisa bertumbuh dalam iman, dan menjadi matang dalam karakter serta menjadi pribadi yang tahan uji. Melalui semua proses tersebut, Allah sedang membangun PRIBADI-NYA dalam hidup kita. Melalui proses hidup yang kita alami tersebut, maka gambar dan rupa Allah semakin disempurnakan atas hidup kita. Jadi, seberat apa pun proses yang sedang Anda lalui, belajarlah untuk mengerti maksud Tuhan di balik semuanya itu. Maka bukan hanya penggenapan rencana Allah yang akan Anda terima, tetapi lebih dari itu: nilai-nilai yang jauh lebih mulia dan berharga akan Tuhan berikan dalam hidup Anda! (LEW)

RENUNGAN

Peperangan BUKAN HANYA TENTANG KEMENANGAN, tetapi juga tentang nilai-nilai yang JAUH LEBIH MULIA dan BERHARGA

APLIKASI

  1. Apakah pergumulan Anda saat ini?
  2. Sudahkah Anda menyerahkan pergumulan Anda kepada Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

“Terima kasih Tuhan Yesus untuk setiap tantangan, pencobaan, dan ujian yang kami alami dalam kehidupan ini. Ajar kami tetap setia di jalan-Mu dan selalu mengandalkan Engkau. Kami percaya kemenangan yang Engkau berikan bagi kami, bahkan jauh lebih mulia dan berharga lagi. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Hakim-hakim 6-7