Luangkan Waktu

Renungan Keluarga Allah
Kamis, 14 Juli 2016

BACAAN HARI INI

Efesus 6:1-9

RHEMA HARI INI

Efesus 6:4 Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.

Seperti kebanyakan ayah, Juno bekerja siang malam demi membiayai semua kebutuhan hidup keluarganya. Urusan rumah tangga dan anak diserahkan kepada istrinya. Kesibukan pun membuatnya jarang memiliki waktu bersama keluarganya. Semua itu karena ia ingin memberikan yang terbaik bagi mereka dan berharap ketiga anaknya tumbuh menjadi anak yang sukses. Ketika prestasi anak-anaknya tidak sesuai dengan harapannya, ia pun tak segan memarahi dan mendisiplin mereka secara fisik. Pada akhirnya, sang ibulah yang menghibur hati anak-anak mereka. Suatu hari, anak Juno yang paling kecil mendekatinya. Rupanya anak itu mendapatkan tugas mengarang untuk mendeskripsikan seperti apakah seorang pria itu. Sebagai ayah, Juno merasa bertanggung jawab untuk menanamkan nilai yang baik kepada anaknya. Ia pun menjawab, “Seorang pria adalah seseorang yang tetap mengasihimu apa pun yang kau perbuat. Ia adalah seseorang yang selalu ada di sisimu apa pun yang terjadi. Ia adalah seseorang yang peduli pada keluarganya dan selalu melindungi mereka.” Mendengarkan itu, anaknya menyahut dengan polos, “Kalau sudah besar nanti, aku ingin menjadi seorang pria seperti ibu…”

Terkadang, kita berpikir bahwa kita sudah melakukan yang terbaik bagi keluarga kita. Namun kita lupa bahwa mustahil untuk menunjukkan seberapa besar kita mengasihi mereka bila mereka tidak mengenal kita dengan baik. Dan untuk saling mengenal tentu dibutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk dihabiskan bersama-sama. Hal ini berlaku bukan hanya untuk hubungan antara orangtua dan anak, tetapi juga antara kakak dan adik.

Bila saat ini Anda merasa kesulitan untuk meluangkan waktu lebih bagi keluarga Anda, berdoalah untuk meminta hikmat dari Tuhan. Mintalah tuntunan Roh Kudus agar Anda dapat memprioritaskan keluarga Anda di atas semua kesibukan dan pekerjaan Anda. Percayalah, bahwa semua kesibukan Anda tidak sebanding dengan waktu yang dapat Anda berikan bagi orang-orang yang Anda kasihi. (MV.L)

RENUNGAN

Luangkan waktu untuk memiliki KEBERSAMAAN YANG BERKUALITAS dengan keluarga kita, maka kebahagiaan yang berkualitas akan kita alami dalam keluarga kita.

APLIKASI

  1. Seberapa seringkah Anda meluangkan waktu bagi keluarga Anda?
  2. Bagaimanakah hubungan Anda dengan mereka saat ini?
  3. Apa yang dapat Anda lakukan untuk dapat mulai meluangkan waktu bagi mereka?

DOA UNTUK HARI INI

“Terima kasih Tuhan, karena Engkau mengingatkan kami akan betapa pentingnya untuk meluangkan waktu bersama keluarga kami. Beri kami hikmat yang kami perlukan agar kami dapat membangun keluarga yang bahagia dan membawa kemuliaan bagi nama-Mu. Kami percaya, ya Tuhan, bahwa Engkau sanggup memulihkan hubungan kami dengan setiap anggota keluarga kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Roma 8-10