Makan Secukupnya

Renungan Keluarga Allah
Sabtu, 18 Maret 2017

BACAAN HARI INI

Matius 6:5-13

RHEMA HARI INI

Matius 6:11 Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya

Dalam Alkitab, kita dapat membaca kisah di mana Allah mengirimkan burung puyuh untuk makanan bangsa Israel di padang gurun. Saat itu, bangsa Israel memungut burung-burung itu secara berlebihan. Melihat kerakusan mereka, murka Allah bangkit dan Dia menulahi mereka. Cerita ini bukan untuk menunjukkan bahwa Allah tidak suka melihat anak-anak-Nya gembira dan makan dengan puas. Sebaliknya, dengan hikmat-Nya, Allah sedang memperingati umat-Nya bahwa makan berlebihan itu tidak baik. Di zaman modern ini, kita telah mengetahui bahwa kebanyakan makan dapat mengakibatkan obesitas. Yang kemudian memicu bermacam penyakit lainnya. Contohnya antara lain: diabetes, gangguan pencernaan, sesak nafas, asam urat tinggi, radang lambung, sakit jantung, penuaan dini, kolesterol, stroke, kanker, bahkan gangguan perkembangan psikologis dan kecerdasan. Beberapa penyakit yang timbul akibat pola makan yang tidak sehat ini pun menjelaskan alasan mengapa Allah tidak berkenan terhadap cara makan yang berlebihan.

Bahkan kitab Amsal pun mengatakan, “Kalau engkau mendapat madu, makanlah secukupnya, jangan sampai engkau terlalu kenyang dengan itu, lalu memuntahkannya” (Ams. 25:16). Padahal selama ribuan tahun, madu terkenal dengan banyak manfaatnya. Bukan hanya sebagai bahan makanan, madu pun bisa dijadikan obat dan perawatan kecantikan. Namun, mengonsumsi madu secara berlebihan ternyata memiliki efek sampingnya sendiri. Kandungan fruktosa pada madu dapat menghambat kemampuan usus untuk menyerap nutrisi, sehingga sistem pencernaan kita terganggu.

Itu sebabnya, dalam Doa Bapa Kami, Tuhan Yesus mengajarkan kita untuk meminta porsi makanan yang secukupnya setiap hari. Ikutilah petunjuk firman Tuhan. Makanlah secukupnya. Jangan berlebihan. Sebab, sekalipun suatu makanan itu baik, tetapi kalau berlebihan, maka tetap saja tidak baik. Apalagi makan makanan yang tidak baik dan berlebihan, akibatnya bisa sangat berbahaya. Sebaliknya, dengan menjaga porsi makanan secukupnya dan dengan menu makanan yang mengandung gizi seimbang, keperluan nutrisi tubuh kita akan terpenuhi dan kita pun akan selalu sehat. Tuhan Yesus memberkati. (ABU)

RENUNGAN

Tuhan mengajarkan kita untuk MAKAN SECUKUPNYA, karena makanan yang baik sekalipun dapat menjadi tidak baik jika dikonsumsi secara BERLEBIHAN

APLIKASI

  1. Koreksilah pola makan Anda, apakah Anda sudah makan secukupnya atau makan berlebihan?
  2. Mengapa Tuhan tidak berkenan jika Anda makan secara berlebihan?
  3. Komitmen apa yang dapat Anda ambil untuk menjaga porsi makanan Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan, kami mau belajar untuk menjaga porsi makanan kami seperti yang Engkau kehendaki. Ajarilah kami untuk dapat mengendalikan nafsu makan kami, dan berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yeremia 22-23