Makanan Yang Sehat

Renungan Keluarga Allah
Kamis, 16 Maret 2017

BACAAN HARI INI

1 Korintus 6:12-20

RHEMA HARI INI

1 Korintus 6:12 Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apapun.

Sewaktu berusia 19 tahun, Jordan S. Rubin terserang penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuhnya. Berat badannya turun drastis hingga ia kurus kering. Tidak hanya itu, ia mengalami anemia ekstrim, masalah di hati, berbagai alergi makanan dan bahan kimia, sakit tulang, kerontokan rambut serta berkurangnya fungsi mata. Rumah sakit sudah menyuruhnya pulang, karena dokter memberikan vonis bahwa sebentar lagi Jordan akan meninggal. Namun ibunya tidak menyerah. Ia meminta Jordan melakukan diet dan hanya makan makanan yang Alkitab perbolehkan. Jordan pun tidak mau menyerah dengan penyakitnya dan mencari Tuhan. Dalam waktu satu tahun, ia tumbuh menjadi remaja yang sehat dan bertubuh atletis. Ia terus terapkan apa yang dibacanya di Alkitab, dan secara luar biasa dalam tujuh tahun kesehatannya pulih.

Kualitas dan jenis makanan yang kita makan akan memengaruhi kesehatan kita. Oleh karena itu, kita harus memperhatikan makanan jenis apa yang boleh kita makan dan makanan seperti apa yang tidak boleh kita makan. Memang benar bahwa semua makanan itu halal dan kita tidak berdosa memakan dan meminum apa pun juga. Akan tetapi kita harus menyadari bahwa kalau sesuatu adalah halal dan bukan sebuah dosa, bukan berarti bahwa hal itu selalu berguna bagi kita. Terlebih lagi di zaman sekarang ini, di mana zat-zat kimia ditemukan hampir dalam setiap makanan dan minuman.

Tubuh kita adalah bait Roh Kudus, oleh karena itu penting bagi kita untuk mempedulikan kesehatan tubuh kita. Memang kebebasan telah Tuhan berikan dalam menentukan makanan apa yang akan kita makan, tetapi kita mempunyai tanggung jawab untuk memuliakan Allah dengan tubuh yang sehat. Kalau kita tahu bahwa makan makanan tertentu salah di mata Tuhan, tetapi kita terus memakannya, kita pun harus siap dengan konsekuensi sakit-penyakit yang harus kita tanggung. Namun, jika kita mau memperhatikan makanan apa yang menyehatkan bagi kita, tentu Tuhan juga akan membawa kita ke dalam transformasi kesehatan. (LEW)

RENUNGAN

Meski segala MAKANAN DAN MINUMAN adalah halal bagi kita, tetapi kita harus bisa menilai apakah itu BERGUNA BAGI KESEHATAN kita

APLIKASI

  1. Apakah selama ini Anda sudah mempertimbangkan kesehatan Anda ketika memakan atau meminum sesuatu?
  2. Bagaimana cara Anda untuk mengurangi atau menghilangkan kebiasaan makan makanan yang tidak menyehatkan?
  3. Komitmen apa yang Anda ambil untuk menjaga tubuh Anda yang adalah bait Roh Kudus?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, terima kasih untuk berkat-berkat-Mu dalam kehidupan kami. Tuntun kami supaya bisa mengendalikan nafsu daging kami, agar kami bisa memiliki hidup yang sehat dan umur panjang. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yeremia 14-17