Makin Sukses Makin Berkarakter

ReKA (Renungan Keluarga Allah)
The Year of Victory #5 | Hari #3
Rabu, 03 Februari 2016

BACAAN HARI INI

2 Korintus 3:1-18

AUDIO

RHEMA HARI INI

2 Korintus 3:18 Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.

Anak laki-laki ini lahir seratus dua puluh tujuh tahun yang lalu, tepatnya tanggal 20 April 1889. Pada waktu bersekolah pada sekolah menengah pertama, ia merupakan pelajar yang baik. Namun pada kelas 6, tahun pertamanya di sekolah menengah atas, ia gagal dan harus mengulang kelas. Ia menyatakan bahwa kegagalan itu disebabkan pemberontakannya atas ayahnya yang menginginkan ia mengikuti jejak karier ayahnya, padahal ia memiliki cita-cita sendiri.

Pemberontakan ini terus berlanjut sampai membentuknya menjadi pribadi yang keras, kejam dan tidak berperikemanusiaan. Karena kharismanya yang kuat, ia sukses memobilisasi jutaan orang untuk mendukung aksinya. Ia sukses menjadi ketua partai besar yang dikenal dengan nama partai NAZI. Nafsu berkuasanya terus mendorongnya untuk menguasai seluruh dunia. Karena sifat-sifat buruknya, menyebabkan ia tega membunuh jutaan manusia. Nama orang ini adalah Adolf Hitler, seorang yang penuh bakat, kharisma dan prestasi, namun tanpa karakter yang baik, sehingga akhir hidupnyapun hancur begitu saja.

Sukses yang baik adalah yang membuat karakter kita bertumbuh semakin baik dan serupa dengan Kristus. Membangun karakter yang di dalam itu jauh lebih penting daripada hanya sekedar membangun sebuah kesuksesan diluar. Sebab kalau kita hanya membangun kesuksesan diluar, maka kita akan menghalalkan segala cara untuk meraih sukses, sehingga karakter kita terbentuk menjadi karakter yang amoral dan penuh dengan kebusukan. Tetapi kalau kita mementingkan membangun karakter yang di dalam, maka kita akan meraih kesuksesan kita dengan penuh integritas di hadapan Tuhan dan manusia.

Itu sebabnya penting bagi kita untuk membangun karakter dan sikap hati yang benar. Tahun 2016 sudah ada janji besar yang Tuhan berikan kepada kita bahwa ini adalah tahun kemenangan, maka teruslah bertumbuh dengan karakter yang makin hari makin baik sehingga hidup kita semakin hari serupa dengan Kristus.

RENUNGAN

Sukses yang baik adalah sukses yang membuat KARAKTER kita bertumbuh semakin baik.

APLIKASI

Lihat diri kita masing-masing apakah semakin hari karakter kita sudah bertumbuh serupa dengan Kristus?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa, biarlah hidup kami terus berpusat padaMu sehingga karakter kami juga makin serupa denganMu. Biarlah sukses yang kami perjuangkan, membuat kami semakin memiliki karakter ilahi sehingga hidup kami bisa menjadi berkat bagi orang lain. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

1 Raja-raja 16
2 Tawarikh 17