Mampu Melihat Level Berikutnya

BACAAN HARI INI
Amsal 3:1-26

RHEMA HARI INI
Amsal 3:5-6 Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.

Terletak di permukaan labil cincin api Pasifik atau ring of fire, Jepang adalah salah satu negara yang paling rentan terhadap gempa bumi di dunia. Dalam 1 tahun ada sekitar 1500 gempa yang beberapa diantaranya berpotensi tsunami. Gempa dahsyat di tahun 1923 yang menewaskan setidaknya 100 ribu orang, gempa 1995 di Kobe dan terakhir di tahun 2011 gempa 9 skala Richter yang memicu tsunami dan meruntuhkan reaktor nuklir Fukushima Dai-ichi, menimbulkan kerugian tak terkira dan kehancuran luar biasa. Namun semua ini tidak membuat pemerintah dan rakyat Jepang putus asa, pemerintah mulai melakukan evaluasi besar-besaran.

Dengan membaca tanda-tanda alam, masyarakat Jepang bisa memprediksi dan mengantisipasi kemungkinan bencana yang akan terjadi. Saat terjadi gempa bumi yang menyebabkan air laut di bibir pantai surut secara tiba-tiba maka semua diharapkan untuk waspada akan kemungkinan terjadi tsunami segera setelahnya. Dengan kemajuan tehnologi mereka membuat alat peringatan dini, membuat bangunan tahan gempa, mendidik dan melatih masyarakat terutama anak-anak sekolah dengan simulasi bencana, sampai melatih relawan-relawan, menyiapkan logistik dan evakuasi saat terjadi bencana. Dengan demikian diharapkan seminimal mungkin korban yang jatuh saat terjadi bencana. Semua ini membuat Jepang menjadi negara yang paling siap menghadapi gempa dan tsunami.

Saat kita memiliki mentalitas dan keberanian untuk melihat level berikutnya, melihat apa yang mau Tuhan kerjakan untuk keluarga kita, dalam pekerjaan dan keuangan kita. Apa yang mau Tuhan lakukan dalam kehidupan rohani dan pelayanan kita, saat kita bisa melihatnya, maka semua akan mulai dimanifestasikan dalam hidup kita. Jangan hanya terpaku melihat keadaan yang sedang kita alami saat ini, namun miliki mentalitas untuk melihat kasih karunia, terobosan, kemenangan, kesembuhan dan mujizat Tuhan, maka apa yang kelihatan oleh mata kita tidak akan menakutkan lagi. Lihatlah penyertaan dan kuasa Tuhan yang memback up kita, maka kita akan hidup oleh iman. Iman seperti inilah yang menarik kuasa Allah bekerja dalam hidup kita.

RENUNGAN
Saat kita MEMILIKI MENTALITAS untuk melihat LEVEL BERIKUTNYA, semuanya itu akan mulai DIMANIFESTASIKAN dalam hidup kita.

APLIKASI
1.    Bisakah Anda melihat rencana Ilahi dibalik setiap kejadian yang sedang Anda lalui saat ini?
2.    Biasakah Anda mengucap syukur atas rancangan masa depan Anda dan meresponinya dengan cara yang sesuai dengan firman Tuhan?
3.    Sudahkah Anda memelihara iman percaya pada janji Tuhan sampai dimanifestasikan dalam hidup Anda?
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan kami bersyukur memiliki Bapa yang merancangkan yang terbaik untuk setiap kami. Urapi kami dengan pengurapan untuk dapat melihat, supaya kami dapat meresponi dengan benar setiap janjiMu dalam hidup kami. Dalam namaTuhan Yesus Kristus kami berdoa. Amin.