MAMPU MENAKLUKAN GODAAN DENGAN DISIPLIN DOA PUASA

RHEMA HARI INI

Lukas 4:2 Di situ Ia tinggal empat puluh hari lamanya dan dicobai Iblis. Selama di situ Ia tidak makan apa-apa dan sesudah waktu itu Ia lapar.

Ahli medis dan kejiawaan dari Universitas Chicago, Amerika Serikat pernah melakukan penelitian terhadap sekelompok mahasiswa yang diminta untuk berpuasa selama 7 hari. Hasil penelitian ini ternyata cukup menarik yaitu bahwa puasa memang membuat pikiran beberapa mahasiswa melambat, tapi ini justru baik karena pikiran mereka jadi lebih tenang dan rileks. Dampaknya justru positif bagi peningkatan daya ingat, konsentrasi dan fokus yang lebih baik pada pelajaran di kampus. Bahkan beberapa mahasiswa yang berpuasa memiliki konsentrasi yang lebih baik dan tajam sehingga mereka lebih siap menghadapi berbagai tantangan akademik seperti ujian atau tugas-tugas lainnya dari kampus! Mahasiswa yang berpuasa ini ternyata juga lebih mampu menolak godaan-godaan seperti ajakan jalan-jalan, bermain gadget atau godaan-godaan lain yang mengganggu konsentrasi belajar mereka. Dr. Krista Varady lebih lanjut mengungkapkan bahwa beberapa orang yang diteliti memang merasa memiliki fokus dan energi yang lebih baik justru saat mereka berpuasa. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa puasa harus tetap dilakukan dengan menyesuaikan kondisi tubuh, kecukupan gizi dan vitamin.

Jika secara ilmiah puasa ternyata mendatangkan manfaat yang sangat baik bagi mahasiswa yang akan menghadapi tantangan akademik di kampus. Tentunya puasa yang disertai doa atau DOA PUASA akan sangat bermanfaat bagi kita terutama yang mudah jatuh dalam berbagai godaan duniawi dan kedagingan yang menjauhkan fokus kita dari Tuhan. Misalnya godaan makan yang berlebihan dan tidak sehat, godaan pornografi dan dosa perzinahan, sering berkata kotor atau emosi yang berlebihan. Tuhan Yesus sendiri memberikan teladan, setelah IA berpuasa selama 40 hari, IA mampu mengalahkan godaan dan rayuan iblis!

Dengan DOA PUASA kita belajar menguasai diri kita dari berbagai macam godaan kedagingan. Saat tubuh kita berlatih mengembangkan otot-otot dari godaan makanan, maka pikiran kita pun akan mengembangkan otot-ototnya untuk menguasai diri terhadap berbagai macam godaan yang lain sehingga rohani kita akan bertumbuh makin kuat. Jika satu per satu godaan yang datang bisa kita taklukkan maka kitalah yang menjadi pemenang bahkan lebih dari pemenang! Dengan sungguh-sungguh berdisiplin DOA PUASA, kita akan memiliki kekuatan untuk berkata tidak pada berbagai godaan, tegas menolak dosa, berkata tidak pada tawaran-tawaran duniawi yang sesat sehingga kita bisa menerima berkat yang terbaik dari Tuhan Yesus. Amin.

RENUNGAN

Kita bisa MENAKLUKKAN GODAAN-GODAAN yang datang dan kita akan menjadi LEBIH DARI PEMENANG melalui DOA PUASA.

APLIKASI

1. Adakah godaan-godaan duniawi atau kedagingan yang sulit untuk Anda lawan saat ini? Jika ada, godaan apakah itu dan mengapa sulit untuk Anda lawan?
2. Percayakah Anda, jika dengan DOA PUASA, Anda akan lebih kuat dalam melawan godaan-godaan duniawi dan kedagingan?
3. Apa komitmen Anda agar mampu MENAKLUKKAN GODAAN-GODAAN yang datang sehingga layak menjadi LEBIH DARI PEMENANG melalui DOA PUASA?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, kami bersyukur Engkau masih memberikan kami kesempatan untuk hidup hingga saat ini. Ampuni kami jika seringkali kami jatuh dalam berbagai godaan duniawi dan hidup jauh dariMU. Ampuni juga kami yang sering gagal melaksanakan doa puasa sebagai disiplin rohani. Tuhan Yesus, mampukan kami agar kuat menaklukkan berbagai godaan yang datang melalui doa puasa sehingga kami layak menjadi lebih dari pemenang. Amin

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!