Mandat Telah Tuhan Berikan

BACAAN HARI INI
Yesaya 42:1-9

RHEMA HARI INI
Yesaya 42:6 “Aku ini, TUHAN, telah memanggil engkau untuk maksud penyelamatan, telah memegang tanganmu; Aku telah membentuk engkau dan memberi engkau menjadi perjanjian bagi umat manusia, menjadi terang untuk bangsa-bangsa,

Sudah menjadi pergumulan bu Ninik selama belasan tahun untuk bisa bersama-sama beribadah dengan saudara-saudaranya. Karena sekalipun ia  enam bersaudara, namun tidak satu pun dari mereka yang mengenal Tuhan. Tak terhitung segala usaha yang telah ia lakukan, namun belum juga ada tanggapan yang positif dari saudara-saudaranya sehingga lambat laun ia pun mulai menjadi kendor. Sampai ketika firman Tuhan di hari Minggu lalu disampaikan, bu Ninik yang mendengarnya pun kembali dikobarkan semangatnya. Ia percaya bahwa ini adalah waktunya ia mengambil alih keluarganya. Ia sungguh yakin bahwa Tuhan sudah MEMBERIKAN MANDAT kepadanya untuk berjuang atas keselamatan saudara-saudaranya.

Sesampainya di rumah, ketika sedang berdoa, tiba-tiba ada sebuah ayat di Kisah Para Rasul 16:31 yang berbunyi, “Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu.” terngiang-ngiang di telinganya. Bu Ninik pun segera membuka Alkitab dan membacanya. Seketika itu juga ia merasa ayat tersebut seperti hidup dan mengobarkan api rohnya. Sungguh-sungguh ia pegang ayat itu menjadi rhema dan terus-menerus ia profetikkan. Dan yang terjadi kemudian sungguh sangat mengejutkan dan tidak pernah sekalipun terbesit dalam benak bu Ninik. Hanya dalam hitungan hari saja, ajakannya untuk datang ke Miracle Night Service pada hari Jumat esok disambut dengan sukacita oleh kakaknya. Padahal selama ini sudah belasan bahkan puluhan tahun hanya penolakan dan cemooh yang ia dapat dari kakak-kakak dan adiknya setiap kali bu Ninik mengajak mereka untuk ke gereja.

Ya, memang ini adalah waktunya kemuliaan Tuhan dinyatakan atas umat-Nya. Ketika Tuhan sudah memberikan mandat dan kita sebagai gereja Tuhan memiliki hati yang mau dengan segera mengambil komitmen untuk berjuang mengambil alih apa yang menjadi ‘tanah perjanjian’ kita, maka Tuhan tidak akan tinggal diam. Sebab pengambil alihan adalah kehendak Tuhan, bukan kehendak kita. Ini adalah planning Tuhan sendiri, maka Tuhanpun bertanggung jawab untuk mensukseskan mandat yang  telah Dia sampaikan pada kita. Tuhan akan menyertai dan membuka jalan bagi kita, Tuhan akan senantiasa memberi instruksi yang jelas sehingga kita akan BERHASIL dalam menjalankan misi dari Tuhan.

RENUNGAN
Mandat MENGAMBIL ALIH TANAH PERJANJIAN sudah Tuhan BERIKAN kepada GEREJA TUHAN.

APLIKASI
1.    Sudahkah Anda menyadari apa mandat yang Tuhan berikan untuk Anda lakukan?
2.    Langkah apa yang sudah Anda ambil untuk melaksanakannya?
3.    Setelah mengerti ada penyertaan Tuhan bagi yang melaksanakan mandat-Nya, apa komitmen Anda jika menemui kesulitan dan tantangan?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan, terima kasih untuk mandat yang sudah Engkau percayakan bagi kami gereja-Mu. Tolong mampukan kami, ya Bapa, kami mau belajar untuk taat dalam mengemban mandat yang sudah Engkau berikan. Sehingga mandat untuk mengambil alih tanah perjanjian yang dari-Mu ini boleh kami jalankan sesuai dengan instruksi dan kehendak-Mu dan biarlah kemuliaan Tuhan boleh dinyatakan dengan sempurna. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.