Manifestasi Kemuliaan Tuhan

BACAAN HARI INI
2 Korintus 4:1-15

RHEMA HARI INI
2 Korintus 4:6 Sebab Allah yang telah berfirman: “Dari dalam gelap akan terbit terang!”, Ia juga yang membuat terang-Nya bercahaya di dalam hati kita, supaya kita beroleh terang dari pengetahuan tentang kemuliaan Allah yang nampak pada wajah Kristus.

Pak Edo diam-diam mengamat-amati raut wajah istrinya ketika ia dengan sengaja meminta dibuatkan secangkir teh panas saat istrinya sedang kelihatan sangat sibuk. Tak nampak mimik kesal ataupun gusar seperti yang diduga pak Edo, muncul pada wajah bu Ninuk istrinya. Dan sejurus kemudian teh panas serta beberapa makanan ringan sudah tersedia di hadapannya. Sudah hampir setahun belakangan pak Edo menyadari perubahan yang terjadi pada bu Ninuk. Istrinya kini jauh lebih sabar dan kelihatan dewasa menyikapi segala keadaan, juga ada sesuatu dalam diri istrinya yang membuat pak Edo sungkan atau enggan memancing pertengkaran diantara mereka.

Rumah tangga mereka dulunya selalu diwarnai pertengkaran karena keduanya sama-sama keras dan egois, sekarang ada kedamaian dan ketenangan dalam keluarga mereka. Semua ini diawali ketika bu Ninuk mulai bertekun mencari Tuhan. Perlahan tapi pasti, banyak perubahan positif yang terjadi dalam keluarga mereka. Anak-anak mereka pun beranjak remaja tanpa mengalami gejolak yang berarti. Dalam hati pak Edo yang selama ini masih belum menerima Tuhan sepenuhnya, mulai timbul keinginan untuk bersungguh-sungguh dalam Tuhan. Ia berjanji pada dirinya sendiri untuk melakukannya dengan segera.

Kalau Yesus, sang Raja Kemuliaan masuk dalam hidup kita, maka perubahan yang nyata akan terjadi dalam hidup kita. Manifestasi kemuliaan-Nya tidak akan bisa di tutup-tutupi dan akan segera terlihat ataupun dirasakan oleh orang-orang di sekitar kita. Bukan hanya sikap dan karakter kita yang diubahkan, tetapi juga keberuntungan dan segala yang baik akan mengikuti kita. Kasih karunia dan terang kemuliaan Tuhan yang memancar dan bercahaya dari dalam diri kita, akan mengusir setiap kegelapan. Bahkan menarik banyak jiwa-jiwa untuk ikut masuk dalam terang kemuliaan Tuhan. Di tahun kemuliaan Tuhan ini, kemuliaan yang lebih dan lebih lagi TELAH TUHAN SEDIAKAN untuk dimanifestasikan secara nyata dalam hidup setiap kita yang PERCAYA. (PF)

RENUNGAN
Kalau Yesus, SANG RAJA KEMULIAAN, masuk dalam hidup kita, maka kemuliaan-Nya akan DIMANIFESTASIKAN atas hidup kita.

APLIKASI
1. Apakah Sang Raja Kemuliaan telah masuk dan hadir dalam hidup Anda?
2. Apa manifestasi kemuliaan Tuhan dalam hidup Anda? Apa komentar dari keluarga, teman-teman dan kenalan Anda tentang hidup Anda?
3. Bagaimana supaya Anda dapat terus berada dan mengalami terang kemuliaan Tuhan sepanjang tahun ini?
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, sungguh ajaib apa yang telah kami alami sampai saat ini. Semua karena Engkau telah hadir dan masuk dalam kehidupan kami. Terima kasih Tuhan atas kemurahan-Mu, kami percaya dan kami menanti-nantikan kemuliaan-Mu yang akan Kau nyatakan lebih lagi bagi kami sepanjang tahun kemuliaan-Mu ini. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.