Manusia Adalah Makhluk Roh

RHEMA HARI INI
1 Tesalonika 5: 23 “Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.”

Seorang pengusaha sukses jatuh di kamar mandi dan akhirnya stroke, sudah 7 malam ia dirawat di RS di ruang ICU. Disaat orang-orang terlelap dalam mimpi malam, dalam dunia Roh seorang Malaikat menghampiri si pengusaha yang terbaring tak berdaya. Malaikat memulai pembicaraan, “Kalau dalam waktu 24 jam ada 50 orang berdoa buat kesembuhanmu, maka kau akan hidup dan sebaliknya jika dalam 24 jam jumlah yang aku tetapkan belum terpenuhi, itu artinya kau akan meninggal dunia! Semasa hidupnya pengusaha sukses ini jarang sekali ke gereja, berbuat kebaikan, apalagi berdoa, sehingga saat itu hampir tidak ada orang yang memperjuangkannya dalam doa. Dengan lembut si Malaikat berkata, “Anakku, aku sudah berkeliling mencari suara hati yang berdoa buatmu tapi sampai saat ini baru 3 orang yang berdoa buatmu yaitu istrimu dan kedua anakmu, sementara waktumu tinggal 60 menit lagi, rasanya mustahil kalau dalam waktu dekat ini ada 50 orang yang berdoa buat kesembuhanmu.” Namun, ketika waktu menunjukkan pukul 24:00, tiba-tiba si Malaikat berkata, “Anakku, Tuhan melihat air matamu dan penyesalanmu! Kau tidak jadi meninggal, karena ada 47 orang yang berdoa buatmu tepat jam 24.00!” Dengan terheran-heran dan tidak percaya, si pengusaha bertanya siapakah yang 47 orang itu? Sambil tersenyum si Malaikat menunjukkan suatu tempat yang pernah dia kunjungi bulan lalu, yaitu sebuah Panti Asuhan, dimana saat itu sebenarnya sang pengusaha hanya sedang berusaha melakukan pencitraan saja terhadap media. Malaikat melanjutkan, “Tadi pagi, salah seorang anak panti asuhan tersebut membaca di koran kalau seorang pengusaha terkena stroke dan sudah 7 hari di ICU, setelah melihat gambar di koran dan yakin kalau pria yang sedang koma adalah kamu, pria yang pernah menolong mereka dan akhirnya anak-anak panti asuhan sepakat berdoa buat kesembuhanmu.”

Ada banyak orang Kristen yang tidak menyadari akar rohnya, akibatnya sekalipun kita sudah menjadi orang percaya, namun kita hidup secara jasmani saja, sama seperti orang dunia yang belum mengenal Yesus. Mendapatkan kesenangan dari barang-barang yang dapat dibeli memang bukan suatu kekeliruan. Akan tetapi, jangan sampai kita mengandalkan barang-barang tersebut untuk mendapatkan kebahagiaan. Apabila kepuasan kita ditentukan oleh kepemilikan atas barang-barang, kita akan hancur saat kehilangan barang-barang tersebut. Kita seringkali hanya merawat tubuh dan jiwa kita, namun kita melupakan roh kita. Ketika mahluk hidup yang lain mati, maka mereka kembali menjadi debu dan tanah. Sedangkan ketika manusia mati, tubuh kita memang kembali menjadi debu dan tanah, tapi roh kita tetap hidup: orang yang belum menerima pengampunan akan masuk Neraka, sedangkan orang yang percaya kepada Yesus, rohnya akan diselamatkan masuk dalam Kerajaan Surga. Unsur roh yang diberikan oleh Allah ini menunjukkan bahwa manusia sebenarnya adalah makhluk rohani. Roh diberikan supaya manusia dapat bersekutu dengan Allah yang adalah Roh, tetapi ketika manusia jatuh dalam dosa manusia berhubungan dengan setan, roh yang merupakan ciptaan Allah. Disaat kita berdoa bagi orang lain, kita akan mengaktifkan manusia roh kita dan mendapatkan kekuatan baru dan kita bisa melihat kemuliaan Tuhan dari peristiwa yang terjadi.Kita harus menyadari bahwa bahwa manusia adalah mahluk Roh yang memiliki jiwa dan tinggal di dalam tubuh.(ABU)

RENUNGAN
Sadarilah bahwa kita manusia adalah mahluk ROH yang memiliki JIWA dan tinggal di dalam TUBUH.

APLIKASI
1. Koreksi dan tuliskan apa yang sering membuat anda hidup secara jasmani saja ?
2. Dan apa saja yang anda alami ketika anda hanya mengandalkan jasni anda ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa ampuni kami jika selama ini kami hanya hidup secara jasmani kami. Ubahkan kami untuk terus menyadari bahwa kami manusia adalah mahluk ROH yang memiliki JIWA dan tinggal di dalam TUBUH. Amin.