MANUSIA TERBATAS, ROH KUDUS TAK TERBATAS (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

2 Tawarikh 28-29
Yohanes 17

RHEMA HARI INI
Yeremia 10:23 Aku tahu, ya TUHAN, bahwa manusia tidak berkuasa untuk menentukan jalannya, dan orang yang berjalan tidak berkuasa untuk menetapkan langkahnya.

Namanya adalah dr. Richard Teo Keng Siang, seorang dokter bedah kosmetik terkenal di Singapore. Masih muda, tetapi sudah menjadi miliuner karena keahliannya tersebut. Antrian pasiennya bisa mencapai tiga bulan sebelum mereka bisa mendapatkan pelayanannya. Banyak orang menyebutnya sebagai dokter muda yang sangat hebat. Namun, siapa sangka di puncak hidupnya, tiba-tiba ia divonis menderita kanker paru-paru stadium 4b. Ia yang selama hidupnya sangat mengandalkan kemampuannya sendiri dan merasa tidak butuh Tuhan, tiba-tiba menjadi orang yang tidak berdaya, sehingga mau tidak mau harus datang kepada Tuhan. Dr. Richard Teo meninggal dunia di usianya yang ke-40 tahun dengan meninggalkan pesan berikut ini: “Kebahagiaan bukan terletak pada uang, karier, atau sebuah mobil ferrari. Kebahagiaan sejati datang dari pengenalan akan Tuhan.”

Ya, sehebat-hebatnya manusia, pasti memiliki keterbatasan. Sesungguhnya, tidak ada seorang pun di dunia ini yang bisa mengandalkan dirinya sendiri atau mengandalkan orang lain sepenuhnya, sebab manusia sangat penuh dengan kelemahan dan keterbatasan. Hanya Roh Kudus saja yang tidak terbatas.

Setiap manusia suatu kali pasti akan menghadapi sesuatu yang melampaui kemampuannya untuk mengatasi persoalannya. Itu sebabnya, kita membutuhkan Roh Kudus yang tidak terbatas untuk selalu menolong dan berjalan bersama kita. Jangan sampai kita menyadari kebutuhan kita akan Tuhan melalui cara yang menyakitkan dan pada waktu yang sudah terlambat. Mulailah sekarang untuk mempersilakan Roh Kudus mengambil alih hidup kita. Bangunlah persekutuan yang intim dengan-Nya setiap waktu. Biarkan Roh Kudus menggantikan keterbatasan kita dengan ketidakterbatasan-Nya, dan lihatlah bagaimana Tuhan akan membawa hidup kita dari kemuliaan kepada kemuliaan.

RENUNGAN
Sehebat-hebatnya MANUSIA, pasti memiliki KETERBATASAN.

APLIKASI
1. Renungkan, apa yang seringkali membuat kita tidak menyadari keterbatasan kita?
2. Pengalaman apa yang seringkali menyadarkan kita bahwa diri kita ini sangat terbatas?
3. Komitmen apa yang akan Anda ambil supaya Anda terus hidup bergantung sepenuhnya kepada Roh Kudus?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, terima kasih untuk hari ini, untuk rhema firman-Mu yang senantiasa menjadi petunjuk bagi kami. Kami menyadari bahwa diri kami sangat terbatas, itu sebabnya kami membutuhkan Engkau Roh Kudus yang mampu bekerja tanpa batas di dalam hidup kami. Teguhkan kami untuk terus berjalan dalam tutunan dan rancangan-Mu yang besar atas kami. Terima kasih, Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”