03 Desember 2015 – Marah Tapi Tidak Berdosa

BACAAN HARI INI

Efesus 4:17-32

RHEMA HARI INI

Efesus 4:26 Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa: janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu

Rhema Firman Tuhan yang kita baca hari ini berkata bahwa apabila kita menjadi marah, janganlah kita berbuat dosa. Apa yang dikatakan dan dilakukan oleh orang lain mungkin membangkitkan amarah kita. Namun, berhati-hatilah untuk tidak bereaksi secara berlebihan dan kehilangan kendali sehingga kita jatuh dalam dosa. Kata ‘marah’ dalam bahasa Yunani adalah ‘orge.’ Kata ‘orge’ menunjukkan suatu kondisi pikiran seseorang, adakalanya kata ini menunjuk kepada suasana yang meledak-ledak dengan tujuan balas dendam. ‘Orge’ juga diartikan sebagai kemarahan yang telah menjadi kebiasaan. Aristoteles mengatakan bahwa kemarahan itu mirip dengan anjing yang menggonggong terlebih dahulu sebelum tahu dia lawan atau kawan. Sebab memang kebiasaan anjing adalah menggonggong. Demikian juga dengan kemarahan, kalau kita sudah terbiasa meledakkannya, maka kita akan memiliki kecenderungan untuk mudah meledak dalam amarah, dan itu bisa membawa kita jatuh dalam dosa.

Jadi, bagaimana kita bisa berurusan dengan amarah kita secara benar? Yang pertama, berbicaralah kepada Tuhan tentang amarah kita tersebut, bila perlu masuklah ke dalam kamar dan ungkapkan semua perasaan Anda dalam doa. Yang kedua, janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu. Artinya, kalau marah, jangan lama-lama! Ada orang yang marahnya disimpan sampai berhari-hari, ada juga yang berminggu-minggu, bahkan bertahun-tahun. Tanpa kita sadar, amarah yang disimpan lama seperti ini sudah menjadi dosa di hadapan Tuhan. Itu sebabnya bagi kita yang selama ini menyimpan amarah sudah lebih dari 1 hari dalam hati kita, segera bertobat dan padamkan amarahmu itu! Bagi Anda yang selama ini memendam amarah, apakah amarah itu membawa kebaikan bagi Anda? Apakah amarah Anda membuat keadaan menjadi lebih baik? Tidak bukan? Itu sebabnya, segera padamkan amarah itu !

Ketika kita hidup bebas dari amarah, maka kita akan menikmati hidup yang penuh damai sejahtera dan sukacita. Hubungan kita dengan orang lainpun akan menjadi baik dan berkat Tuhan pasti semakin tercurah melimpah dalam hidup kita.

RENUNGAN

Anda boleh MARAH, tetapi jangan sampai BERBUAT DOSA.

APLIKASI

Langkah apa yang akan Anda lakukan untuk mengendalikan kemarahan Anda?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan, terus tolong kami untuk menguasai diri kami sepenuhnya sehingga kami dimampukan untuk mengendalikan kemarahan kami. Kami rindu hidup kami bisa memancarkan terang kasih-Mu dan menjadi berkat bagi orang lain di sekeliling kami. Terimakasih Tuhan. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Mazmur 43-45, 49, 84-85, 87