Masa Krisis Justru Melejit

BACAAN HARI INI
Amsal 4:1-27

RHEMA HARI INI
Amsal 4:6 Janganlah meninggalkan hikmat itu, maka engkau akan dipeliharanya, kasihilah dia, maka engkau akan dijaganya.

Seorang wartawan muda yang antusias untuk mendapatkan pekerjaannya yang pertama, menemukan apa yang tampaknya merupakan peluang yang sempurna. Ia hubungi kantor penerbitan surat kabar yang memanggilnya dan diberitahu bahwa para pelamar akan diwawancarai pukul 10 pagi keesokan harinya. Ia bekerja sepanjang hari mempersiapkan riwayat hidupnya sekaligus portofolio contoh-contoh tulisannya. Begitu ia tiba keesokan harinya, di luar dugaannya, ternyata sembilan calon wartawan lainnya telah tiba bahkan lebih pagi lagi. Ia pun antri dan memandang dengan cemas kepada para pesaingnya. Ia mengenali beberapa diantara mereka dan mengetahui reputasi mereka. Dari penampilan lahiriah, tampaknya prospeknya tidak baik. Tetapi bukannya menyerah menghadapi situasi yang sulit ini, ia menulis sebuah catatan kecil dan menyerahkannya kepada sang sekretaris, dengan pesan bahwa sangatlah penting agar bosnya segera membacanya. Ketika sang bos membaca tulisannya, ia menjadi ingin menjumpai pemuda yang menulisnya. Bunyinya, “Bapak pimpinan yang terhormat, saya adalah pemuda dengan antrian nomer sepuluh, tolong jangan ambil keputusan apapun sebelum menjumpai saya!” Wartawan muda ini tidak memperhitungkan kalau akan menjumpai tekanan berupa banyaknya kompetitor pelamar, bahkan beberapa di antaranya adalah wartawan senior yang sudah dia kenal sebelumnya. Tertekan oleh keadaan, muncullah ide kreatif dengan cara mengirim memo terlebih dahulu ke pimpinan kantor itu.

Dalam setiap keadaan yang mendesak, selalu ada cara kreatif untuk melaluinya, entah dengan jalan langsung, memutar, dari atas, ataupun dari bawahnya. Bersama Tuhan situasi sulit selalu disertai jalan kreatif, sebab Tuhan adalah ahli membuat jalan, dan jalan yang disediakan Tuhan adalah jalan yang luar biasa, bukan hanya menolong kita, tetapi juga membuat kita melejit melebihi perkiraan kita sehingga kita bisa senantiasa hidup di dalam berkat Tuhan.

RENUNGAN
Masa krisis yang diperkirakan orang akan membuat kita terhempas, justru MEMBUAT KITA SEMAKIN MELEJIT, karena ada hikmat Allah dalam hidup kita.

APLIKASI
Pikirkan hikmat kreatif apa yang Tuhan ingin berikan untuk mengatasi masa krisis dalam hidup Anda ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa kami tidak akan pernah goyah meskipun kami ada di dalam masa krisis, sebab masa krisis akan membuat kami semakin melejit. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Bilangan 31-32