Masalah Membuat Kita Makin Greater, Bigger Dan Faster [REMAKA]

BACAAN HARI INI

Yakobus 1:2-8

RHEMA HARI INI

Yakobus 1:2 Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun.

Seorang filosof Jerman, Friedrich Nietzsche mengatakan, “that which does not kill us, make us stonger.” Terkadang masalah dan penderitaan yang kita alami begitu beratnya, sampai mau mati saja rasanya. Tapi jika kita tetap bertahan dan berhasil mengalahkannya, maka kita akan menjadi sosok yang semakin kuat. Ulet dan tidak pernah menyerah, teguh dan terus berusaha serta berani menghadapi setiap tantangan.

Rasul Yakobus bahkan mengatakan agar kita justru berbahagia jika kita mendapat berbagai-bagai pencobaan, sebab orang yang sedang menghadapi cobaan akan menjadi semakin bertekun dalam Tuhan. Hanya Tuhanlah yang menjadi satu-satunya harapan dan jawaban. Dan dalam ketekunan itulah akhirnya kita akan mengalami perjumpaan dengan Tuhan, yang akan mengubahkan hidup kita selamanya. Menjadi hidup yang berbuah lebat bagi kerajaan Allah, bagi sesama dan tentunya menjadikan hidup kita berkemenangan di dunia.

Seperti seorang atlet yang terlatih, tentu berbeda kekuatannya dengan orang yang tak pernah berlatih. Otot-otot seorang atlet terbentuk dengan kuat, besar dan kokoh. Gerakannya juga lebih cepat dan tangkas karena semua latihan yang dijalaninya. Demikian pula, setiap masalah dan persoalan akan melatih otot-otot iman kita menjadi semakin kuat. Orang yang hidupnya tak pernah ada masalah, justru akan menjadi orang yang lembek, mudah menyerah dan putus asa. Mereka tak biasa berjuang dan sedikit terjangan masalah akan membuat mereka jatuh dan sulit untuk bangkit kembali. Seberat apapun tantangan yang sedang kita hadapi saat ini, jangan pernah berkecil hati. Lihatlah ini sebagai suatu kesempatan untuk kita menjadi semakin kuat dan bertumbuh. Makin berat tantangan, makin besar kemenangan yang akan kita peroleh. Terus andalkan Tuhan dan mintalah tuntunan-Nya, maka setelah masa sukar yang hanya sesaat, kita akan ditemukan makin greater, bigger dan faster dalam setiap aspek kehidupan kita. (PF)

RENUNGAN

Hidup yang TANPA MASALAH justru membuat kita TIDAK PERNAH makin GREATER, BIGGER, dan FASTER.

APLIKASI

1. Bagaimana Anda melihat hidup Anda saat ini? Ada banyakkah masalah dalam hidup Anda atau justru tak pernah ada masalah?
2. Bagaimana cara pandang Anda terhadap masalah hidup selama ini?
3. Jika Anda setuju bahwa masalah justru membuat Anda makin greater, bigger dan faster, bagaimana Anda akan menyikapi masalah mulai saat ini?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, terimakasih untuk firman-Mu yang menguatkan hati kami. Kami akan terus belajar untuk tidak pernah menyerah menghadapi setiap masalah. Walau jatuh, kami mau terus berjuang dan bangkit lagi. Bersama Engkau, kami pasti meraih kemenangan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

 

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!