Melakukan Yang Satu, Tidak Mengabaikan Yang Lain

BACAAN HARI INI
Matius 23:1-36

RHEMA HARI INI
Matius 23:23 Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab persepuluhan dari selasih, adas manis dan jintan kamu bayar, tetapi yang terpenting dalam hukum Taurat kamu abaikan, yaitu: keadilan dan belas kasihan dan kesetiaan. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan.

Ada banyak orang yang kecewa setelah sekian waktu setia mengembalikan persepuluhan, namun tak juga ada sesuatu yang istimewa terjadi dalam hidup mereka. Tetap saja masih kekurangan, hutang tak lunas-lunas, sakit tak kunjung sembuh malah makin parah, pemulihan hubungan nampak makin jauh dari harapan. Sama sekali berbeda dengan kesaksian-kesaksian yang terus bermunculan. Akhirnya banyak yang kecewa dan merasa “tertipu”, lalu berhenti tidak mau lagi mengembalikan persepuluhan. Bahkan ada yang sampai undur dari ibadah.

Dalam Matius 23, Tuhan Yesus mengecam keras ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, yang suka memamerkan kesalehan mereka menjalankan hukum Taurat, tapi sebenarnya tidak demikian dalam hati mereka. Karena kemunafikan mereka, justru mereka menjadi batu sandungan bagi orang lain yang benar-benar hendak mencari Tuhan. Meskipun mereka taat mengembalikan persepuluhan, tapi hati dan perbuatan mereka jauh dari kebenaran.

Untuk kita bisa masuk dalam perjanjian berkat Tuhan, mengembalikan persepuluhan hanyalah salah 1 dari 7 pilar perjanjian berkat Tuhan. Benar kita sudah taat dalam persepuluhan, tapi bila kita tidak melakukan pilar yang lain, tak heran jika perjanjian berkat Tuhan masih tertunda penggenapannya. Cobalah memeriksa diri kita sendiri, apakah kita sudah menaruh belas kasihan dan tidak menghakimi dengan perkataan dan perbuatan sembrono yang menyakitkan orang lain? Apakah kita sudah mencintai keadilan dan membenci ketidakjujuran? Kepada siapa kita setia, pada Tuhan atau pada mamon? Untuk menyenangkan diri sendiri atau untuk memuliakan Tuhan, segala berkat yang telah Tuhan berikan pada kita? Sudahkah kita membuang kemalasan dan mulai bangkit bekerja dengan hikmat Tuhan?  Mari, kita hormati  ketetapan dari Tuhan. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan. Dengan demikian janji berkat Tuhan akan sungguh-sungguh kita dapatkan dengan segera.

RENUNGAN
Untuk masuk dalam PERJANJIAN BERKAT TUHAN, membayar persepuluhan BUKAN BERARTI MENGABAIKAN keadilan, belas kasihan, dan kesetiaan.

APLIKASI
1.    Apakah Anda masih mengingat ke 5 pilar perjanjian berkat Tuhan yang sudah Anda terima sejak awal bulan Februari sampai minggu ini? Bisakah Anda menyebutkannya?
2.    Apakah Anda sudah sungguh-sungguh memahami dan mengaplikasikannya dalam kehidupan Anda?
3.    Jika masih ada yang belum Anda lakukan, apakah sebabnya?
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, kami bersyukur Engkau telah mengajarkan bagaimana cara untuk masuk dalam perjanjian berkat-Mu melalui gembala sidang kami. Kami boleh merasa yakin bahwa Engkau benar-benar ingin memberkati kami anak-anakMu. Beri kami pengurapan dan kemampuan untuk bisa melaksanakan setiap ketetapan-Mu sesuai dengan keinginan-Mu. Terimakasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.