Melampaui Kekuatan Kita

abilityRHEMA HARI INI
Mazmur 33:18-20  Sesungguhnya, mata TUHAN tertuju kepada mereka yang takut akan Dia, kepada mereka yang berharap akan kasih setia-Nya, 19 untuk melepaskan jiwa mereka dari pada maut dan memelihara hidup mereka pada masa kelaparan. 20 Jiwa kita menanti-nantikan TUHAN. Dialah penolong kita dan perisai kita!

Apakah saat ini Anda sedang menghadapi masalah yang sangat berat? Tidak mungkin Anda atasi dengan kekuatan Anda sendiri? Mungkin itu berupa penyakit, kemiskinan, masalah keluarga, kebangkrutan, atau yang lainnya? Anda sudah mencoba melakukan segala macam usaha tetapi selalu gagal, sampai Anda mengambil kesimpulan bahwa masalah yang sedang Anda hadapi melampaui kekuatan Anda sebagai seorang manusia? Bersyukurlah! Justru inilah kesempatan Anda menyerahkan segala kendalinya kepada Sang Pemilik hidup Anda, Tuhan Yesus Kristus, maka Anda akan mengalami sesuatu yang melampaui kekuatan Anda.

John Garlock dalam tulisannya yang berjudul ‘Allah Yang Mengubah Manusia’ menceritakan kisah temannya yang bernama Nowel, yang ingin mengikuti perlombaan dayung perahu yang mana satu perahu diisi dua orang. Tiba-tiba datang seorang Indian dengan tubuh tinggi kekar menghampiri dia dan menawarkan apakah mau menjadi partnernya. Melihat postur orang Indian yang terlihat sangat kuat tersebut, Nowel langsung mengiyakan. Saat peluit ditiup dan orang Indian berotot besar itu mulai mengayuh , Nowel yang sebenarnya tidak begitu bisa mendayung itu berkata, “Apa yang kulakukan selama 15 menit itu tidak lain adalah agar aku jangan menghalangi usahanya, aku hanya mengayuh sedikit saja, dan karena kekuatan si Indian itu luar biasa, perahu kami melaju jauh meninggalkan yang lain dan memenangkan perlombaan itu!”

Kisah tersebut merupakan gambaran yang sederhana bagaimana hidup kita bisa berkemenangan bersama Tuhan. Nowel tidak banyak berbuat apa-apa, digambarkan ia seperti orang yang menanti-nantikan Tuhan, ia tidak berusaha dengan kekuatannya sendiri, tetapi menyerahkan kendalinya pada kekuatan serta kemampuan Indian berotot besar itu. Jika kita ingin memiliki hidup yang berkemenangan, biarkan Tuhan memegang penuh atas kemudi hidup kita dan mendominasi hidup kita. Pada saat kita membutuhkan pertolongan-Nya, pastikan kita berserah penuh dan belajar dari strategi Nowel yaitu dengan “tidak menghalangi usaha-Nya.” Jika kita ingin hidup berkemenangan, jangan pernah mengandalkan kekuatan kita sendiri. Ingatlah bahwa kekuatan kita tidak seberapa dan kita pun terbatas dengan banyak hal. Namun jika kita mengandalkan Tuhan sebagai kekuatan, kita akan melihat betap dahsyat kuasa-Nya dalam hidup kita.

RENUNGAN
Menanti-nantikan Tuhan berarti belajar mengalihkan kepercayaan kepada kekuatan sendiri menjadi mempercayakan hidup kepada Tuhan.

APLIKASI
1. Evaluasi, apakah Anda masih banyak mengandalkan kekuatan sendiri atau banyak mengandalkan kekuatan Tuhan?
2. Komitmen apa yang akan Anda buat supaya Anda bisa lebih mengandalkan Tuhan dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan, ampuni kami kalau selama ini kami masih banyak mengandalkan kekuatan kami sendiri. Kami tahu kemampuan kami sangat terbatas. Saat ini kami mau lebih lagi mengandalkan kekauatan-MU, kami percaya Engkau akan membawa kali dalam hal-hal besar yang melampaui kekuatan kami. Terimakasih Tuhan, amin.