Melatih Kasih Agape

BACAAN HARI INI
Lukas 6:27-36

RHEMA HARI INI
Lukas 6:27 “Tetapi kepada kamu, yang mendengarkan Aku, Aku berkata: Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu; 28 mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu; berdoalah bagi orang yang mencaci kamu.

Elisabeth Diana tak kuasa menahan duka atas kejadian yang menimpa putrinya, Ade Sara Angelina Suroto (19). Ade Sara kehilangan nyawa karena dibunuh oleh Assyifa (19) dan Ahmad Imam al Hafitd (19), yang merupakan teman-teman SMA dari putrinya itu. Elisabeth, yang ditemui seusai pemakaman Ade Sara mengatakan, dia memaafkan pembunuh putri tunggalnya itu. “Saya yakin mereka anak yang baik. Hanya, saat itu mereka tidak bisa menguasai sisi jahat dari diri mereka,” kata Elisabeth. Bagi sebagian orang, mungkin tindakan ini adalah bodoh, karena seolah-olah tidak sayang pada anaknya. Tapi tindakan Ibu Elisabeth telah mencerminkan dan mempraktekkan Injil Yesus. Tuhan Yesus juga mengampuni orang-orang yang telah menyalibkan DIA.
Tak mudah melakukan hal demikian. Jika bukan kasih Tuhan yang memampukan, maka ia tidak akan mampu berbuat demikian. Dilihat dengan mata jasmani, sang pembunuh anaknya itu sangat jahat, namun ia sadar bahwa ia harus mempraktekkan kasih Tuhan Yesus yang sudah diterimanya.

Banyak situasi sulit yang membuat kita tidak mudah untuk mengasihi orang lain, apalagi jika orang tersebut sudah melukai hati kita. Hal ini bertolak belakang dengan apa yang diajarkan Tuhan Yesus. Tuhan memiliki kasih agape dan itu pula yang harus kita tanamankan dalam hidup kita sebagai anak-anak Tuhan yang penuh kasih. Teruslah menabur kasih dalam situasi apapun agar kita dapat menjadi berkat bagi orang lain yang membutuhkan kasih Tuhan.

RENUNGAN
Setiap SITUASI SUKAR adalah kesempatan yang Tuhan berikan untuk kita MELATIH KASIH AGAPE.

APLIKASI
Apa yang timbul dalam hati Anda ketika Anda membaca renungan hari ini ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa ajar kami untuk terus melatih kasih agape dalam situasa sukar sekalipun. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Hosea 12-14
Wahyu 4