Melayani Karena Kasih

Renungan Keluarga Allah
Minggu, 03 Juli 2016

BACAAN HARI INI

Yohanes 21:15-19

RHEMA HARI INI

Yohanes 21:16 Kata Yesus pula kepadanya untuk kedua kalinya: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?” Jawab Petrus kepada-Nya: “Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba-Ku.”

Kareen tidak pernah bersikap baik kepada ibunya. Perkataannya kasar dan tidak pernah ia bersikap hormat. Walau sesungguhnya Kareen tahu jika Ibunya sangat menyayanginya. Ibunya tetap membuatkan masakan kesukaannya, tetap tersenyum sekalipun bentakan keluar dari mulutnya dan tetap memanjakannya. Yang membuat Kareen seperti itu adalah karena ia kesal teman-temannya selalu membicarakan keadaan Ibunya. Ibu Kareen memang terlihat tidak sempurna. Suaranya parau, rambutnya hampir habis dan kusam, jari-jari ditangan kirinya tidak lengkap dan bengkok, kulitnya hitam dan hampir disekujur tubuhnya terlihat bercak kemerahan. Dan sebelah kakinya tampak keriput sehingga terlihat mengecil. Keadaan itulah yang membuat Kareen malu memiliki ibu seperti itu, tanpa tahu kisah apa dibalik semua cacat di tubuh sang Ibu. Ibunya selalu merahasiakan hal itu darinya.

Sampai suatu hari, Kareen memaksa ibunya untuk menceritakan apa yang sesungguhnya terjadi. Akhirnya dengan penuh kasih, ibunya menceritakan musibah kebakaran 15 tahun yang lalu ketika Kareen masih bayi. Ketika suatu malam rumah mereka terbakar, ibunya nekat menerobos masuk ke dalam kamar untuk menyelamatkan dirinya walau nyawa menjadi taruhannya. Api membakar sekujur tubuhnya dan meninggalkan banyak bekas luka. Ayah Kareen tidak tertolong dan ibunya tetap berjuang untuk melanjutkan hidup demi Kareen. Kareen sangat menyesal setelah mengetahui semuanya dan sejak itu ia berubah! Ia melihat setiap bekas luka di tubuh ibunya sebagai kasih yang besar kepadanya. Sejak itu pula, apapun dia lakukan untuk membahagiakan ibunya. Kareen belajar memasak dan membuatkan Ibunya makanan, menimbakan air untuknya, memijat kaki ibunya, dan banyak hal ia lakukan. Semua itu ia lakukan karena ia tahu, kasih sayang ibunya sudah memberikannya kehidupan dan sudah seharusnya ia yang melayani ibunya.

Sama seperti Kareen, Andapun memiliki satu Pribadi yang sangat mengasihi bahkan sampai rela mati di kayu salib supaya Anda hidup. Sepanjang perjalanan hidup Anda, Dia selalu menjaga dan tidak pernah meninggalkan bahkan selalu menyediakan yang terbaik bagi Anda. Kini saatnya, Anda merespon lebih dalam lagi atas kasihNya yang demikian besar itu. Maukah Anda memberikan waktu, hati, tenaga dan talenta Anda untuk melayaniNya? Jangan Anda melakukan untuk diri sendiri atau untuk orang lain, tetapi lakukanlah dengan mengingat betapa besar kasih yang sudah Anda terima. Itu akan membuat Anda tidak mudah menyerah, tidak mudah kecewa, tetap setia melakukan tugas pelayanan Anda dan tetap memberikan yang terbaik. Dia yang sudah memberikan yang terbaik bagi Anda, layak juga untuk mendapatkan yang terbaik dari Anda. Selamat melayani, kasih Tuhan yang akan selalu memberikan kekuatan untuk Anda!

RENUNGAN

Melayani adalah RESPON KITA TERHADAP KASIH TUHAN yang sudah sedemikian hebat bagi kita.

APLIKASI.

  1. Maukah Anda mengambil langkah untuk mulai berkomitmen untuk melayani Tuhan?
  2. Jika Anda sudah melayani, adakah hal-hal yang selama ini masih membuat Anda ingin menyerah dan kecewa? Berkomitmenlah untuk mengatasi hal itu dengan menyelesaikannya di hadapan Tuhan!

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, terimakasih untuk cintaMu yang begitu besar di dalam hidupku. Hanya dengan hal itulah aku terus dimampukan untuk setia mengerjakan setiap tugas pelayananku. Biarlah ketika aku melayaniMu, itu akan menjadi persembahan yang berkenan dan menyukakan hatiMu selalu. Didalam nama Tuhan Yesus aku berdoa, Amin!

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Kisah 18-19