Melayani Karena Mengasihi

BACAAN HARI INI
Yohanes 21:15-19

RHEMA HARI INI
Yohanes 21:15 Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?” Jawab Petrus kepada-Nya: “Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba-Ku.”

Seorang anak dulunya berasal dari sebuah keluarga yang berantakan, ayahnya dipenjara, ibunya seorang pecandu berat obat-obatan terlarang. Dari kecilnya dia tidak pernah menerima kasih dan perhatian yang dibutuhkan oleh seorang anak pada umumnya. Namun pada satu kesempatan, sewaktu bersekolah, dia berteman dengan seorang anak yang orang tuanya adalah orang Kristen, sehingga pada akhirnya kedua orang tua yang berjemaat di sebuah gereja di Amerika tersebut membawa sahabat anaknya tersebut untuk juga ikut ke gereja. Di saat yang sama, mereka juga memperlihatkan sebuah kasih yang tulus yang jarang ia dapatkan di keluarganya sendiri. Ia tidak pernah pergi ke gereja sebelumnya, tetapi ia menyukainya. Selama hari-hari lain ia tidak sabar menunggu sampai hari Minggu tiba. Ia akhirnya aktif dalam koor anak-anak dan menyadari bahwa ia suka menyanyi. Sekarang keluarga tersebut, yang telah memberikan perhatian kepada anak laki-laki tersebut, tidak hanya membawanya ke gereja pada hari Minggu, tetapi mereka juga membawanya kembali pada pertengahan Minggu untuk latihan koor. Itu merupakan waktu, upaya, dan tenaga yang lebih banyak lagi, tetapi mereka tidak pernah mengeluh. Mereka dengan senang hati melakukannya dikarenakan kasih, sehingga mau menjadi berkat bagi anak tersebut. Suatu kali, anak yang sudah bertumbuh menjadi seorang pemuda itu, mengalami sebuah peristiwa yang tragis, ibunya meninggal di depan matanya sendiri karena sebuah kecelakaan. Setelah pemakaman selesai, keluarga Kristen yang sekarang sudah menjadi seperti keluarganya sendiri itu, berusaha memikirkan apa yang akan mereka lakukan untuk menghibur pemuda tersebut. Mereka mendatangi rumah pemuda tersebut untuk berusaha mencari tahu apa yang bisa mereka lakukan. Tetapi pemuda ini tidak bisa ditemukan dimanapun. Mereka akhirnya pergi ke kamarnya dan menemukan pintunya tertutup. Saat mereka membukanya, mereka menemukan pemuda itu sedang mendengarkan kaset-kaset koornya, sambil berlatih untuk lagu berikutnya, sedang mempersiapkan diri untuk sebuah pelayanan istimewa berikutnya.

Mempersembahkan hidup kita untuk melayani Tuhan adalah wujud kita mengasihi Bapa kita. Tuhan Yesus mengajarkan kita bahwa ketika kita mengasihiNya pasti kita mampu menjadi berkat bagi sesama, melayani mereka dan menyelamatkan mereka bagi kemuliaan nama Tuhan. Orangtua tadi melakukan hal yang demikian, mereka tahu bahwa Allah disenangkan dengan apa yang mereka lakukan. Demikian juga dengan si pemuda, ia sudah mengalami kasih Tuhan, sehingga apapun yang sedang ia alami, ia tetap memiliki kerinduan untuk terus melayani Tuhan. Kita bisa saja melayani tanpa mengasihi Tuhan, tetapi kalau kita mengasihi Tuhan pasti kita melayani dan menjadi berkat bagi sesama. Mari kita yang sudah mengalami kasih Allah, bangkit melayani orang-orang di sekitar kita sampai mereka juga merasakan kasih Allah.

RENUNGAN
Kita bisa melayani tanpa mengasihi Tuhan, tetapi kalau kita MENGASIHI TUHAN pasti kita MELAYANI dan menjadi berkat bagi sesama.

APLIKASI
1. Jika Anda teliti, sudahkah Anda menjadi berkat dalam pelayanan Anda ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa kami mau melayani karena kami mengasihiMu dan kami mau jadi berkat bagi kemuliaanMu. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Yehezkiel 35-36
Yohanes 19:28-42