Melayani Maka Disertai

Renungan Keluarga Allah
Sabtu, 02 Juli 2016

BACAAN HARI INI

Matius 28: 16-20

RHEMA HARI INI

Matius 28:20b …Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”

Seorang pemilik perusahaan mempunyai dua orang anak laki-laki bernama Adi dan Budi. Sesudah mereka menyelesaikan kuliah mereka, Adi dan Budi bekerja di perusahaan ayah mereka. Adi bekerja dengan sungguh-sungguh. Adi mempelajari seluk beluk perusahaan tersebut dan benar-benar mengaplikasikan pendidikan dan pengetahuan yang dimilikinya untuk mewujudkan visi dan misi perusahaan. Hal yang bertolak belakang dilakukan oleh Budi. Budi tidak sepenuh hati bekerja untuk perusahaan ayahnya. Budi bekerja hanya untuk mencukupi kebutuhan pribadinya saja. Budi juga tidak mengaplikasikan pendidikan dan pengetahuannya untuk kepentingan perusahaan.

Hasilnya sudah bisa ditebak. Ayah mereka mengangkat Adi, dan bukan Budi, sebagai wakil kepala perusahaan. Semua kuasa dan tanggung jawab diserahkan kepada Adi, selaku wakil kepala perusahaan. Pengabdian Adi di perusahaan ayahnya membuat ayah Adi mendelegasikan kuasanya sebagai kepala perusahaan kepada Adi selaku wakil kepala perusahaan.

Hal yang sama berlaku kepada kita, sebagai anak-anak Allah. Allah sangat mengasihi kita semua sehingga Ia menyerahkan AnakNya yang tunggal supaya kita selamat dan mendapatkan hidup yang kekal bersamaNya di Sorga. Kita berpikir…cukuplah sudah, ini saja yang aku inginkan. Dan beberapa orang berhenti sampai di situ saja. Padahal Allah menyediakan lebih daripada itu! Allah memberikan upah untuk setiap perbuatan baik yang kita lakukan di dalam Dia. Allah juga membuat perbedaan bagi orang yang melayani Dia dan orang yang tidak melayani Dia (Maleakhi 3:16-18).

Tuhan Yesus berkata bahwa Dia menyertai semua orang yang melayani Dia sampai kepada akhir jaman (Matius 28:18-20). Ketika kita bersaksi tentang kasih Tuhan dan kebaikan Tuhan dalam hidup kita kepada orang lain, kita tidak usah ragu. Ketika kita harus mempertanggungjawabkan iman kita kepada orang-orang sekeliling kita, kita tidak perlu takut. Ketika kita harus membuat pengorbanan pribadi untuk pekerjaan Tuhan seperti yang Tuhan perintahkan, kita tidak perlu berpikir dua kali. Sekali lagi, jangan takut dan jangan tawar hati. Tanggung jawab yang kita pikul dalam pelayanan kita juga disertai dengan kuasa dari Tuhan untuk mewujudkan rencanaNya. Ada kuasa yang menyertai pelayanan kita karena kita melayani Anak Allah yang Maha Tinggi!

RENUNGAN

Bangkit dan bergeraklah untuk MELAYANI, maka kuasa Tuhan akan menyertai.

APLIKASI

  1. Situasi seperti apakah yang membuat Anda merasa ragu untuk melayani Tuhan? Bagaimana cara Tuhan menolong Anda untuk mengatasi situasi tersebut?
  2. Ketika Anda melayani Tuhan dan berada dalam situasi yang “mustahil untuk diatasi”, bagaimanakah kuasa dan kemuliaan Tuhan dinyatakan? Ceritakan!

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus Kristus, terima kasih karena Engkau begitu setia dan mengasihi kami. Mohon bukalah mata dan telinga rohani kami supaya kami bisa terus melihat penyertaanMU dalam setiap langkah kami. Berilah kami kekuatan dan sukacita yang daripadaMU untuk melakukan tugas-tugas pelayanan kami. Di dalam Nama Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

2 Tesalonika