Melibatkan Tuhan

Renungan Keluarga Allah
Minggu, 13 Maret 2016

BACAAN HARI INI
Ulangan 31:1-8

RHEMA HARI INI
Ulangan 31:8 Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati.”

Suatu hari, seorang gadis merasa gelisah dalam hidupnya. Ia tidak tahu apa yang menyebabkan ia merasa gelisah. Kegelisahan itu menguasai dirinya seharian penuh. Ia menjadi bingung, karena baru kali itu ia merasa diri dikuasai hal itu. Ia terus berusaha mencari penyebab kegelisahan yang timbul dalam hatinya. Setelah lama merenung, gadis itu mendapatkan jawabannya. Selama ini, ia selalu berusaha sendiri. Ia merasa kuat untuk bekerja sendiri. Ia merasa bahwa apa yang dilakukan itu sudah benar. Tetapi sejatinya masih ada yang kurang dalam pekerjaannya. Masih ada yang tertinggal yang belum ia lengkapkan pada pekerjaannya. Untuk itu, ia masuk ke dalam kamarnya. Di sana ia mengheningkan diri. Ia berusaha untuk bertemu dengan Tuhan dalam suasana hening itu. Ia memohon kepada Tuhan untuk melengkapi pekerjaannya. Ia berdoa, “Tuhan, bantu saya menyempurnakan pekerjaan saya. Dengan demikian, saya memperoleh ketenangan dalam hidup ini.” Setelah berdoa dalam keheningan itu, ia melanjutkan pekerjaannya. Ia merasa bahwa Tuhan ikut terlibat dalam pekerjaannya. Tuhan tidak meninggalkannyabekerja sendirian. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, pekerjaannya itu pun selesai dengan sukses.

Kita bisa melihat banyak diantara kita yang tidak sadar ketika kita bangun pagi, kita awali hidup kita bukan bersama Tuhan namun hanya tertuju dan fokus dengan urusan-urusan duniawi saja. Hal inilah yang sering diabaikan dan disepelekan oleh banyak orang Kristen.  Kalau kita sudah memulai dengan langkah yang salah, semakin jauh kita melangkah akan semakin berat langkah yang akan kita tempuh.  Hal-hal yang tak terduga di luar perencanaan bisa saja terjadi dan itu akan mengejutkan kita.

Hari ini kita menyadari bahwa Tuhan itu Omnipresent, artinya: Tuhan Maha Hadir. Sadari bahwa selalu ada Tuhan yang siap ada untuk kita dimanapun dan kapan pun. Mulai belajar libatkan Tuhan maka hati kita akan tetap kokoh, kuat dan kita siap menghadapi dunia ini. Dan secara otomatis bukan dari kata orang kita bisa mengenal Yesus melainkan kita mengalami pengalaman bersamaNya.

RENUNGAN
LIBATKAN Tuhan dalam setiap langkah hidup kita sebab Allah senantiasa BERADA BERSAMA kita.

APLIKASI
Uji diri, selama ini sudahkah Anda mengikut sertakan Tuhan dalam langkah hidup Anda?
Apa yang akan Anda lakukan untuk terus melibatkan Tuhan dalam setiap langkah hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
Engkau Allah penjamin hidup kami. Berjalanlah bersama kami ya Tuhanku sehingga makin hari kami makin berkenan dan senantiasa menyukakan hatiMu. Kami percaya Tuhan ketika kami bersamaMu maka kami akan Engkau bawa dari kemenangan kepada kemenangan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Nahum