Melihat Dengan Kacamata Tuhan

Renungan Keluarga Allah
Selasa, 27 September 2016

BACAAN HARI INI

Efesus 3:14-21

RHEMA HARI INI

Efesus 3:18-19 Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus, dan dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan. Aku berdoa, supaya kamu dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah.

Aktivitas yang berulang-ulang terus dari hari ke sehari membuat Cynthia merasa kehilangan identitas. Mengantar dan menjemput anak-anak, acara-acara sosial, kegiatan rumah tangga, seolah tidak ada habisnya. Satu hari Cynthia memutuskan untuk membatasi beberapa acara rutinnya dan menemukan beberapa hal yang ternyata tidak terlalu mendesak untuk dikerjakan. “Aku melihat dengan cara yang baru,” katanya. Cynthia menggunakan satu jam setiap hari untuk mempelajari ‘renungan harian.’ Setelah melakukan itu berminggu-minggu, ia menjadi sadar bahwa saat teduh itu membukakan pikiran-pikiran dan sudut pandang yang baru. Seseorang (Yesus) yang mengasihinya memberikan banyak pencerahan dalam menjalani hari-harinya. Cynthia mengubah saat-saat makan malam menjadi waktu untuk sharing, Malam Permainan Keluarga menjadi pengganti televisi sekali seminggu, ia dan suaminya bergabung dalam kelompok studi Alkitab dua kali sebulan. Tak terduga, Cynthia dan keluarganya mulai merasakan kebahagiaan, bahkan berkat-berkat finansial mulai bertambah. Hari-hari dilewati dengan penuh kegembiraan, Cynthia bisa mengembangkan diri dalam pelayanan di gereja lokal.

Banyak orang yang hidup terjebak dalam rutinitas, seolah terikat dengan ‘lingkaran setan’, hidup terasa kosong. Bukan seperti itu yang dimau Tuhan. Baca Alkitab, pelajari, renungkan Firman siang dan malam. Alkitab adalah pemikiran Allah untuk hidup kita. Tanpa pemahaman yang benar tentang Firman Tuhan, mustahil manusia dapat mencapai apa yang di rencanakan Tuhan bagi kita. Tuhan merancangkan kesehatan kita, keuangan, pekerjaan, bahkan pelayanan kita, dan itu semua Tuhan janjikan yang terbaik.

Kita perlu retreat, evaluasi hari-hari kita, mulai melihat hidup kita dengan kacamata Tuhan. Kita harus memahami Alkitab, rencana besar Allah bagi hidup kita. Ketika kita ada di dalamnya, hidup kita akan sangat berarti. Dan Tuhan akan panggil kita menjadi orang-orang pilihan-Nya, Amin.

RENUNGAN

Ketika kita bisa melihat dari KACAMATA TUHAN, maka kita akan bisa mengerti MASTERPLAN TUHAN.

APLIKASI

  1. Apa yang Anda tahu atau mengerti tentang MELIHAT DENGAN KACAMATA TUHAN?
  2. Dan apakah Anda sudah bisa melakukannya? Uji diri!

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa kami hanya mau melihat segala sesuatu dengan kacamataMu saja sebab itulah yang akan membawa perubahan dalam hidup kami dan semua rencanaMu tergenapi atas hidup kami. Dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Imamat 26-27