Melihat dengan Mata Rohani

Renungan Keluarga Allah
Senin, 25 April 2016

BACAAN HARI INI

2 Raja-raja 6: 8-23

RHEMA HARI INI

2 Raja-raja 6:16 Jawabnya: “Jangan takut, sebab lebih banyak yang menyertai kita dari pada yang menyertai mereka.”

Pepatah mengatakan bahwa mata adalah jendela hati. Jika mata Anda sering melihat hal-hal yang menakutkan, maka hati Anda akan dipenuhi dengan ketakutan. Jika mata Anda sering melihat hal-hal yang menyenangkan, maka hati Anda akan dipenuhi dengan kebahagiaan. Demikianlah seterusnya.

Namun sayangnya, karena tabiat dosanya, mata manusia lebih mudah cenderung melihat hal-hal yang tidak baik, daripada melihat hal-hal yang baik. Itu sebabnya manusia sering dikuasai oleh ketakutan, kekuatiran, dan lain-lain. Lihat saja bagaimana bujang Elia dikuasai oleh ketakutan yang membuatnya sangat gentar, ketika ia melihat pasukan bala tentara yang sangat besar mengepung mereka. Ia lupa untuk melihat dengan mata rohaninya bagaimana pasukan malaikat Tuhan juga siap untuk membela bangsanya.

Apa yang sering Anda lihat dengan mata Anda? Hal-hal yang menakutkan atau hal-hal yang membangkitkan iman? Sadarilah, mata jasmani kita seringkali menipu kita; mata jasmani kita seringkali membuat iman kita lemah, mata jasmani kita seringkali menghalangi kita memiliki iman yang mantap untuk percaya kepada janji Firman Tuhan. Ketika Firman Tuhan mengatakan ‘oleh bilur Yesus engkau sudah sembuh!’ mata jasmani kita melihat kondisi tubuh kita yang semakin lemah karena penyakit, maka iman kita bisa dilemahkan lagi. Ketika Firman Tuhan mengatakan ‘satu orang diselamatkan, maka seisi rumah tangga diselamatkan,’ mata jasmani kita melihat keadaan keluarga kita yang semakin tidak harmonis sehingga iman kita menjadi lemah lagi.

Itu sebabnya penting sekali bagi setiap kita untuk beralih dari melihat dengan mata jasmani menjadi melihat dengan mata rohani. Fokus kita harus kita alihkan, bukan lagi kepada hal-hal jasmani yang bisa melemahkan kita, tetapi kepada hal-hal rohani, yaitu janji-janji Firman Tuhan yang pasti menguatkan, meneguhkan, serta membangun iman kita. Hanya orang yang bisa melihat dengan mata rohanilah yang akan bisa mengalami kuasa Tuhan dalam hidupnya. Doa-doanya akan menjadi doa-doa yang penuh iman serta keyakinan akan janji Tuhan, sehingga doanya penuh kuasa serta menyentuh hati Tuhan untuk mengerjakan sesuai dengan iman kepercayaannya kepada Tuhan.

RENUNGAN

Orang yang MENGALAMI KUASA Allah adalah mereka yang melihat dengan MATA ROHANI, bukan jasmani.

APLIKASI

  1. Kenyataan apa yang sedang Anda alami saat ini?
  2. Bagaimana Anda akan membalikkannya dengan melihat menggunakan mata rohani?

DOA UNTUK HARI INI

Ya Tuhan, bukakanlah mata rohani kami untuk bisa melihat penyertaan-Mu di dalam hidup kami. Kami percaya bahwa kemanapun kami pergi dan apapun yang kami alami, kuasa-MU selalu ada bagi kami. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Daniel 10-12