Melupakan Yang Utama

BACAAN HARI INI
Yohanes 6:60-66

RHEMA HARI INI
Yohanes 6:63 Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup.

Sebuah keluarga besar mengadakan perayaan ulang tahun ke-90 dari ibu, nenek, buyut mereka. Perayaan diadakan di rumah salah satu cucu yang memiliki taman yang sangat indah serta luas. Berbagai hidangan sudah disiapkan. Mereka juga mengundang kerabat dekat, teman serta tetangga kanan kiri. Perayaan ulang tahun itu berlangsung dengan sangat meriah. Ketika tiba waktunya acara tiup lilin, mereka kebingungan mencari dimanakah ibu, nenek dan buyut mereka berada. Beberapa saat mereka mencari di area sekitar taman, tetapi mereka tidak menemukannya. Sampai ada salah seorang cucu masuk ke sebuah kamar tidur yang ada di dalam rumah itu, ternyata sang nenek sedang tertidur pulas ditemani oleh susternya. Rupanya sang nenek merasa kelelahan lalu beristirahat disitu. Sang ibu, nenek, buyut, yang seharusnya menjadi fokus utama dari perayaan ulang tahun tersebut, ternyata sempat terlupakan keberadaannya.

Jangan sampai apa yang terjadi dalam perayaan ulang tahun diatas, terjadi juga dalam kehidupan dan pelayanan kita. Apa yang seharusnya menjadi esensi utama dalam kehidupan dan pelayanan kita, terlupakan begitu saja karena kita begitu fokus dengan hal-hal yang lahiriah seperti keindahan, fasilitas, kepandaian, dll. Esensi utama hidup kita adalah hubungan pribadi kita dengan Tuhan. Disitulah Roh Kudus akan menolong dan memberikan kuasa-Nya kepada kita. Oleh kuasa Roh Kuduslah kita akan bisa melakukan hal-hal yang berarti dan menjadi berkat bagi Tuhan dan orang yang kita layani. Latihan itu baik, persiapan itu baik, fasilitas itu baik, dukungan orang lain itu baik, tetapi yang terlebih penting dari semuanya itu adalah kuasa Roh Kudus yang bekerja di dalam hidup kita. Sebab tanpanya, kita tidak akan berhasil melakukan sesuatu yang berarti.

Itu sebabnya, jangan pernah menggantikan kuasa Roh Kudus dengan keahlian, kata-kata yang fasih, keindahan dan segala fasilitas yang lain. Hanya kuasa Roh Kuduslah yang bisa menjamin semua persiapan, latihan, dan fasilitas yang ada pada kita akan bisa berjalan dengan baik dan bisa mendatangkan keberhasilan. Jangan pernah awali hari Anda tanpa bersekutu intim dengan Roh Kudus, sebab diluar persekutuan dengan Roh Kudus maka segala sesuatu yang kita lakukan bisa berakhir dengan kesia-siaan.

RENUNGAN
Jangan pernah MENGGANTIKAN KUASA ROH KUDUS dengan keahlian, kata-kata yang fasih, keindahan, dan segala fasilitas yang lain!

APLIKASI
1. Bagaimana Anda akan mengawali hari Anda supaya kuasa Roh Kudus senantiasa menyertai dalam hidup Anda ?
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan, terus pegang erat tangan kami, kami mau senantiasa berjalan bersama-MU, sebab kami tahu sumber segala keberhasilan kami berasal daripada-MU. Kami tidak ingin menggantikan Engkau dengan apapun yang ada di dalam hidup kami. Engkau lebih berharga dari apapun di dalam hidup kami. Terimakasih Tuhan. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Mazmur 25, 29,33,36,39