Memahami Kasih Kristus Dalam Hidup Kita

BACAAN HARI INI
Efesus 3:14-21

RHEMA HARI INI
Efesus 3:18-19 Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus, dan dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan. Aku berdoa, supaya kamu dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah.

Ketika Maya melihat rekannya, Sinta, nampak murung dan hanya berdiam diri saja di ujung kelas. Maya pun mendekati Sinta dan bertanya, “Ada apa Sin, sepertinya kamu sedang ada masalah?” Awalnya Sinta hanya diam dan tidak berniat untuk bercerita, namun Maya terus menunggu Sinta bercerita dengan sabar. Akhirnya Sinta mau bercerita bahwa ia bersedih karena kedua orang tuanya akan bercerai. Mendengar hal tersebut, Maya langsung memeluk Sinta dan berkata, “Aku memahami apa yang kamu rasakan karena aku juga pernah mengalaminya. Memang sangat berat, tapi kamu pasti bisa melaluinya.” Mendengar perkataan Maya, Sinta merasa lega ada orang yang bisa memahaminya.

Ada perbedaan antara tahu dan memahami. Karena itu rasul Paulus, dalam ayat rhema kita hari ini, berdoa dengan segenap hati agar kita bisa MEMAHAMI betapa lebar, panjang, dalam dan tingginya kasih Tuhan dalam hidup kita. Memahami punya makna lebih dalam dari sekedar tahu. Hampir semua orang tahu artinya hari Natal, tapi untuk memahami mengapa Tuhan mau turun dan lahir ke dunia sebagai manusia untuk menyelamatkan kita orang yang berdosa, itu lain cerita. Untuk bisa memahami besarnya kasih Tuhan, kita perlu jamahan Roh Kudus untuk membukakan mata rohani kita.

Sangat penting untuk terus bergaul karib dengan Tuhan dalam hidup kita sehari-hari supaya kita mengalami banyak pengalaman pribadi bersama Tuhan. Dengan demikian kita akan bisa memahami apa itu kasih yang sejati. Kasih yang hanya dimiliki dan diberikan oleh Tuhan kita Yesus Kristus. Jangan lepaskan pengharapan kita, teruslah berjuang dalam doa agar pengenalan kita akan kasih Kristus terus bertumbuh hingga ke level memahami.

RENUNGAN
Kita perlu BERDOA agar PENGENALAN kita akan KASIH KRISTUS bertumbuh dari MENGETAHUI menjadi MEMAHAMI.

APLIKASI
1. Apakah Anda sudah bisa memahami kasih sejati Tuhan atau baru sekedar tahu tentang kasih-Nya?
2. Jika sudah, apa yang membuat Anda akhirnya bisa memahami besarnya kasih Tuhan atas hidup Anda? Bisakah Anda menceritakannya?
3. Jika belum, apa komitmen Anda untuk dapat hidup dalam pemahaman akan kasih Kristus?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, terima kasih untuk anugerah dan kasih-Mu yang begitu berlimpah dalam hidup kami. Sekalipun kami masih sering mengecewakan Engkau, tapi kasih-Mu selalu nyata kami rasakan. Ajar kami ya Bapa untuk dapat terus mendekat kepada-Mu, agar kami bisa terus mengalami dan memahami bagaimana kasih-Mu begitu luar biasa bagi kami. Terima kasih Bapa, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.