Membangun Iman Yang Teguh

BACAAN HARI INI
Mazmur 138:1-8

RHEMA HARI INI
Mazmur 138:7 Jika aku berada dalam kesesakan, Engkau mempertahankan hidupku; terhadap amarah musuhku Engkau mengulurkan tangan-Mu, dan tangan kanan-Mu menyelamatkan aku.

Pernahkah Anda melihat film “The Lion King?” Dalam film tersebut digambarkan seekor anak singa bernama Simba yang saat itu usianya masih sangat kecil. Suatu kali Simba dan temannya, Nala, hendak bepergian sekedar untuk melihat ladang rumput hijau. Dalam perjalanan, Simba melihat suatu area yang sangat asing dan terlihat menyeramkan. Namun, karena merasa penasaran Simba justru mengajak Nala ke area tersebut yang seharusnya tidak boleh mereka datangi. Suatu tempat yang gersang, banyak pepohonan yang sudah mati, dan suasana tempat itu sangat sepi dan sunyi.
Saat berjalan-jalan di area tersebut, tiba-tiba saja dari belakang mereka muncul segerombolan serigala. Merasa terancam, Simba dan Nala segera berlari sekencang mungkin untuk menjauhi serigala tersebut. Namun, gerombolan serigala tersebut semakin mendekat dan membuat kedua anak singa itu tersudut dan dikepung para serigala. Dalam situasi terancam, tertekan dan ketakutan. Simba hanya berkali-kali menyebut, “Ayah…ayah…” dalam hatinya. Seekor serigala nampak maju dan hendak menerkam mereka. Namun, dalam kondisi tersudut, Simba tetap memberanikan diri untuk melawan, dia berniat untuk mengaum sekedar untuk menakuti para serigala. Ketika Simba membuka mulutnya dan mengaum, suara yang muncul bukanlah suara seekor singa kecil melainkan suara yang terdengar menggelegar dan sangat besar yang membuat para serigala kabur ketakutan. Ketika Simba menoleh, dia melihat ayahnya sudah berdiri di belakangnya.
Dari kisah Simba dan ayahnya tersebut kita dapat melihat bagaimana hubungan seorang anak dengan ayahnya. Simba percaya, ayahnya pasti datang menolongnya meskipun saat itu dia hanya memanggil ayahnya dalam hati. Begitu pula dalam hubungan kita dengan Tuhan. Sekalipun dalam hidup, kita sering menghadapi berbagai tantangan, rintangan, masalah yang terkadang membuat kita stres, putus asa dan hampir menyerah. Namun, jangan takut! Dalam Yosua 1:9, tiga kali Tuhan berkata kepada Yosua: “Kuatkan dan teguhkanlah hatimu!” Begitu juga Tuhan berkata pada Anda untuk kuat dan teguh. Milikilah iman yang teguh, yakinlah bahwa Tuhan pasti menyertai kita dan menolong kita. Katakan: “Aku ditetapkan jadi pemenang! Tuhan sudah menyediakan kemenangan bagiku!”

RENUNGAN
Lawanlah masalah kita dengan IMAN YANG TEGUH; percayalah TUHAN MENYERTAI kita dan siap memberikan KEMENANGAN BESAR bagi kita.

APLIKASI
1.    Bagaimana respon Anda terhadap rintangan dalam hidup yang Anda hadapi selama ini?
2.    Menurut Anda, apa yang terjadi jika seseorang mulai kehilangan imannya pada Tuhan?
3.    Langkah apa yang akan Anda ambil untuk lebih memperkokoh iman Anda pada Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, Engkaulah sumber pertolongan kami. Satu-satunya penolong kami yang kami percaya. Ampuni kami kalau selama ini kami tidak mengandalkan Engkau dalam kehidupan kami. Ajar kami untuk bisa memiliki iman yang teguh, sehingga kami bisa mengalami great revival saat ini. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”