MEMBANGUN KEMBALI VISI YANG PERNAH KITA MILIKI

BACAAN HARI INI

Yesaya 58:1-12

RHEMA HARI INI

Yesaya 58:12 Engkau akan membangun reruntuhan yang sudah berabad-abad, dan akan memperbaiki dasar yang diletakkan oleh banyak keturunan. Engkau akan disebutkan “yang memperbaiki tembok yang tembus”, “yang membetulkan jalan supaya tempat itu dapat dihuni”.

Itaewon Class adalah sebuah judul drama serial televisi dari Korea. Film ini mengisahkan tentang seorang pria yang mengalami kejadian demi kejadian buruk secara beruntun. Di hari pertama masuk sekolah, ia meninju teman sekelasnya yang merundung temannya yang lain. Akibatnya ia dikeluarkan dari sekolah dan ayahnya pun dipecat dari pekerjaannya, karena ternyata anak yang di tinjunya adalah anak dari atasan ayahnya. Lalu ayahnya meninggal karena tabrak lari, dan ia pun harus masuk penjara karena memukul orang yang menabrak ayahnya. Namun sekalipun ia dipenjara, ia tidak melabeli dirinya sebagai narapidana. Tetapi sebaliknya ia justru memikirkan rencana secara detail untuk meraih kesuksesan. Dan singkat cerita, ia pun pada akhirnya berhasil menjadi presiden direktur sebuah perusahaan yang dibangunnya dari nol.

Sinopsis film di atas adalah satu dari sekian banyak kisah yang bisa kita ambil hikmahnya. Sekalipun sang tokoh utama banyak mengalami kejadian buruk yang berpotensi menghancurkan hidupnya, namun ia tidak menyerah begitu saja. Ia menolak mendefinisikan dirinya dari kegagalan-kegagalan yang telah ia alami sepanjang hidupnya. Justru sebaliknya, kejadian buruk yang menimpanya, justru ia pakai sebagai pemicu untuk meraih visinya. Dengan perencanaan yang matang, serta determinasi yang tinggi pada visinya, maka akhirnya ia pun bisa mencapai impiannya.

Sebagai anak-anak Tuhan, berapa banyak dari kita yang memilih untuk mengubur impian kita setelah berulang kali menghadapi kegagalan? Atau merasa bahwa memang nasib kita yang buruk? Apabila ada yang merasa demikian, maka hari ini juga kita harus bangkit! Bangunlah kembali semangat untuk mencapai visi itu. Gunakanlah pengalaman kegagalan di masa lalu sebagai pelajaran untuk menjadi lebih baik lagi. Buatlah perencanaan yang matang. Dan terutama, sertakan Tuhan dalam rencana kita. Bersama Dia, kita akan mampu membangun kembali tembok visi yang sudah terlanjur kita bongkar (Yes 58:12). Memang lebih susah untuk membangun kembali apa yang telah runtuh, tapi percayalah, bersama Tuhan, tidak ada yang mustahil untuk kita lakukan (Mat 19:26).

RENUNGAN

BANGUNLAH kembali TEMBOK VISI yang sudah terlanjur kita bongkar.

APLIKASI

1. Pernahkah Anda mengalami kegagalan dalam meraih visi Anda?
2. Bagaimana Anda menghadapi kegagalan tersebut?
3. Apa yang dapat Anda lakukan untuk kembali bangkit dan meraih visi Anda?

DOA UNTUK HARI INI

Ya Tuhan, terima kasih atas firman-Mu yang sudah menyadarkan kami. Sekalipun jalan kami tidak selalu rata, tetapi kami tahu bahwa kami memiliki Engkau yang senantiasa menyertai kami. Kami mau bangkit lagi untuk membangun visi kami bersama dengan-Mu, karena kami percaya bahwa kemuliaan-Mu akan segera dinyatakan dalam kehidupan kami. Dan ini adalah waktunya bagi kami untuk mempersiapkan diri guna menyongsong janji-Mu digenapi dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!