Membangun Komunikasi

RHEMA HARI INI
Amsal 10:12   Kebencian menimbulkan pertengkaran, tetapi kasih menutupi segala pelanggaran.

Karena sesuatu hal yang kurang menyenangkan, Kim marah besar kepada Hank suaminya. Kemarahan dan kejengkelannya terus berlanjut hingga keesokan harinya, padahal hari itu Kim dan Hank harus menghadiri acaar perjamuan kasih di gereja bersama-sama. Pagi itu, Kim mempersiapkan masakan untuk perjamuan kasih dengan hati yang masih kesal. Akibatnya, pizza buatannya gosong dibagian bawah dan tepinya. Sepanjang perjalanan menuju ke acara tersebut, baik ia maupun suaminya Hank bisa mencium aroma gosong dari pizza buatan Kim, namun mereka hanya berdiam diri saja satu dengan yang lain. Saat mereka tiba di perjamuan kasih itu, pizza buatan Kim diletakkan di sebuah meja bersama piring-piring masakan lain. Sebelum siapapun sampai meja itu, Hank memotong sedikit tepi pizza buatan Kim. Raut wajahnya berubah, pizza Kim rasanya tidak karuan! Hank berpikir, apa yang akan dipikirkan teman-teman gerejanya tentang istrinya nanti? Sebelum orang lain sampai ke meja itu, Hank mengangkat pizza buatan Kim dan mengumumkan kepada orang-orang disitu bahwa ia akan menjadi seorang yang rakus dan memakan sendiri semua pizza buatan Kim. Ia menambahkan bahwa ada banyak masakan hangat, salad, dan pencuci mulut bagi mereka semua tapi betapapun, tanyanya, seberapa sering ia mendapat masakan kegemarannya? Hank duduk di pojokan dan dengan gagah berani melahap sebagian besar dari “pizza untuk empat orang” itu sebelum orang lain sempat mencicipinya. Dan walaupun belakangan mereka tertawa tentang itu, selama bertahun-tahun Kim mengatakan kepada teman-temannya, “Saat itu aku tahu bahwa aku menikahi seorang pria yang sedapat mungkin akan kupertahankan untuk selama-lamanya.” Hank telah berhasil memenangkan kembali hati Kim karena kasih dan strategi komunikasinya yang luar biasa.

Seringkali kesalahpahaman atau kurangnya komunikasi adalah penyebab dari ketidakharmonisan keluarga kita. Namun ketika kita bisa membangun kembali komunikasi dengan baik, maka kita bisa memenangkan kembali hati keluarga kita. Itulah sebabnya penting sekali bagi kita untuk meminta hikmat Tuhan bagaimana bisa membangun komunikasi yang tepat dengan keluarga kita. Penting sekali untuk kita bertemu, bicara dari hati ke hati, komunikasi dengan baik. Ketika kita berkomunikasi dan kemudian menyadari bahwa ternyata ada kesalahpahaman, maka bisa segera kita selesaikan dan tembok ketidakenakan itu akan hancur seketika sehingga kita bisa membangun keluarga yang harmonis, bahagia, sesuai dengan petunjuk dan keinginan hati Tuhan.

RENUNGAN
Membangun komunikasi dari hati ke hati dengan kasih yang tulus adalah cara untuk menghancurkan tembok penghalang dalam keluarga kita.
APLIKASI
1. Selidiki, apakah ada komunikasi yang salah dalam hubungan kita dengan keluarga kita?

2. Komitmen apa yang akan Anda lakukan untuk membangun komunikasi yang baik dengan keluarga Anda?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan, ajar kami untuk bisa membangun komunikasi yang baik dengan keluarga kami supaya tidak ada tembok-tembok penghalang yang bisa mengganggu keharmonisan keluarga kami, sehingga keluarga kami bisa menjadi keluarga yang sukses, bahagia dan mempermuliakan nama-MU. Terimakasih Tuhan. Amin.