MEMBERITAKAN SATU-SATUNYA TERANG SEJATI (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

1 Tawarikh 7-9
Yohanes 6:22-44

BACAAN HARI INI
Yohanes 1:1-18

RHEMA HARI INI
Yohanes 1:9 Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia.

Saat itu malam, gelap, dan, sunyi. Tidak ada yang mengeluarkan suaranya. Hanya bunyi nafas yang terdengar. Semua orang menanti-nantikan sesuatu. Akhirnya sebuah lidah api menyala dalam kegelapan. Lalu dari cahaya itu, muncul cahaya-cahaya yang lain. Seiring dengan lagu “Malam Kudus” yang mulai dilantunkan, semakin banyak cahaya lilin yang dioperkan ke seluruh tempat. Kegelapan tak lagi menguasai dan wajah-wajah pun terlihat jelas. Inilah pemandangan yang umumnya kita lihat di malam sebelum hari Natal. Dari tahun ke tahun. Dari generasi ke generasi.

Ya, untuk waktu yang lama, cahaya api melambangkan kekuatan yang memberikan kehidupan, sukacita, dan harapan. Berkebalikan dengan kegelapan yang menyimbolkan kematian dan kehancuran. Pun penyalaan lilin pada momen Natal bukan sekedar tradisi, tetapi memiliki makna mendalam. Umat Kristen melakukannya sebagai peringatan lahirnya Sang Terang Sejati yang datang ke muka bumi ini 2.000 tahun yang lalu.

Terang itulah yang kini dibutuhkan oleh dunia ini. Lebih dari sebelum-sebelumnya, kegelapan tengah merundung segala sudut bumi. Lebih dari sebelumnya, banyak orang membutuhkan harapan dan jawaban. Dunia ini boleh menawarkan berbagai jenis cahaya yang dapat mencerahkan hidup mereka. Namun semua itu hanya bersifat sementara, dan tak jarang membawa kegelapan yang lebih pekat lagi pada akhirnya. Hanya terang Yesus sajalah yang tidak akan pernah padam. Hanya satu masalahnya. Kalau tidak ada yang memberitahukan kepada mereka, bagaimana mereka bisa mengetahuinya? Selayaknya nyala api lilin yang dioperkan dari satu orang ke yang lainnya, kita memiliki tugas yang sama untuk menyalakan terang api Kristus di hati sesama kita. Sampai seluruh muka bumi dipenuhi terang kasih Kristus dan kegelapan tidak lagi menguasai. (MV.L)

RENUNGAN
TERANG SEJATI yang DIJANJIKAN akan datang ke dalam dunia yang gelap ini hanyalah pribadi YESUS KRISTUS.

APLIKASI
1. Apakah yang dimaksud dengan terang sejati?
2. Mengapa hanya Yesus sajalah yang dapat menjadi terang sejati dalam hidup Anda?
3. Bagaimana Anda bisa menjadikan Yesus sebagai terang sejati dalam hidup Anda? Lalu, bagaimana Anda bisa menyebarkan terang itu kepada sekeliling Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, terima kasih karena Engkau tak pernah membiarkan kami berjalan dalam kegelapan. Engkau menghadirkan terang-Mu ke dunia ini, sehingga kami boleh mengenal Engkau dan kasih-Mu yang memberikan harapan, sukacita, dan kedamaian sejati yang kami perlukan dalam hidup kami. Bapa, tuntunlah kami, agar kami boleh menjadi pembawa terang-Mu dalam dunia yang diliputi kegelapan ini, sehingga kami boleh menerangi hati banyak orang dengan terang sejati-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”