06 Desember 2015 – Membuang Amarah Mendatangkan Berkat Tuhan

BACAAN HARI INI

Amsal 4:1-27

RHEMA HARI INI

Amsal 4:23 Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.

Emosi negatif yang keluar dari hati kita bukan saja menyebalkan bagi orang yang melihat, tetapi bisa sangat membahayakan tubuh kita. Pada sebuah buku disebutkan bahwa amarah selain meningkatkan tekanan darah juga mampu memicu berkurangnya asupan darah ke otot jantung dalam aktivitas sehari-hari. Tidaklah mengherankan jika ada banyak penyakit yang bercokol dalam tubuh kita ketika kita memanjakan amarah dan membiarkannya menguasai diri kita.

Ada begitu banyak hal yang bisa mendatangkan emosi setiap hari. Kemacetan jalan raya, cuaca buruk, tetangga yang sulit, teman sekerja, pimpinan, guru atau orang-orang yang suka mencari masalah atau tidak peka terhadap perasaan orang lain. Hidup yang kita jalani tidak akan pernah selalu mulus, dan setiap saat kita bisa berhadapan dengan situasi, kondisi atau orang-orang yang bisa mendatangkan emosi. Tapi meski demikian, adalah sebuah pilihan apakah kita mau mengontrol amarah atau membiarkan diri kita dikuasai olehnya.

Firman Tuhan hari ini menasehatkan kepada kita supaya kita menjaga hati kita dengan segala kewaspadaan, sebab dari hati kitalah kehidupan kita ditentukan. Hidup kita tidak ditentukan oleh apa yang terjadi diluar diri kita, tetapi oleh apa yang terjadi di dalam diri kita, yaitu keputusan yang kita ambil apakah kita mau menjaga hati kita atau tidak. Ketika ada banyak hal yang bisa menimbulkan kebencian, kemarahan dan kekecewaan, adalah keputusan kita sendiri apakah kita mau menyerah dan tenggelam di dalam kemarahan atau kita mau membuang semuanya sehingga hati kita tetap bersih di hadapan Tuhan. Keputusan kita untuk membuang semua kemarahan, kebencian dan kekecewaan, akan mendatangkan berkat serta anugerah Tuhan yang melimpah dalam hidup kita.

RENUNGAN

Membuang kebencian, amarah, dan kekecewaan sama dengan mendatangkan BERKAT TUHAN atas hidup kita.

APLIKASI

Kebencian, amarah dan kekecewaan terhadap apa yang harus Anda buang hari ini?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan, tolong kami dan mampukan kami untuk membuang semua kebencian, amarah dan kekecewaan yang masih ada dalam hidup kami. Kami rindu menerima anugerah dan berkat-Mu dalam hidup kami. Terimakasih Tuhan. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

I Tawarikh 6