MEMBUAT PERSIAPAN DAN PERENCANAAN UNTUK LEVEL BERIKUTNYA (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

1 Tawarikh 19-21
Yohanes 8:1-27

BACAAN HARI INI
Yeremia 1:4-10

RHEMA HARI INI
Yeremia 1:5 “Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa.”

Kita tahu bahwa dari abad ke abad, banyak sekali peperangan terjadi. Baik itu peperangan antar suku, perang saudara, bahkan peperangan dalam skala masif, yaitu perang dunia. Satu hal yang pasti, di setiap peperangan yang terjadi, yang menjadi pemenangnya adalah yang telah mempersiapkan strategi atau perencanaan dengan sangat baik. Di berbagai belahan dunia, negara-negara yang kuat selalu memiliki ahli strategi perang yang cerdik. Seperti contohnya Alexander Agung dari Yunani, Subutai yang merupakan ahlli strategi militer utama dari Genghis Khan, Oda Nobunaga dari Jepang, Julius Caesar, dan masih ada banyak lagi sederetan nama-nama besar lainnya.

Semua orang tersebut tentunya memiliki gaya taktik perang yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Bahkan menghadapi musuh yang satu dengan yang lainnya pun mereka menggunakan strategi yang berbeda-beda pula. Namun, ada satu kesamaan dari semua orang tersebut, yaitu mereka pasti sama-sama memiliki persiapan dan perencanaan yang sangat matang. Karena sepandai apa pun seseorang memikirkan strategi yang handal, apabila tidak disertai dengan persiapan yang baik, maka semua akan berakhir sia-sia.

Kabar baiknya adalah, kita memiliki Allah yang sangat ahli dalam membuat persiapan dan perencanaan, apalagi untuk hidup anak-anak-Nya. Bahkan dari sebelum kita lahir ke dunia, Tuhan sudah mempersiapkan setiap kita secara khusus demi menggenapi perencanaan-Nya yang luar biasa untuk membawa kita menuju masa depan yang gilang-gemilang. Apabila Tuhan yang Mahakuasa saja memiliki perencanaan dan persiapan, maka kita sebagai umat-Nya sebaiknya meneladani Tuhan dan juga mulai membuat persiapan dan perencanaan untuk dibawa naik ke level berikutnya (Luk. 14:28), sehingga hidup kita bisa lebih terarah dengan baik. Jangan lupa pula untuk membawa segala rencana dan persiapan kita ke tangan Tuhan, karena Dialah Allah yang berdaulat penuh atas kehidupan kita dan sanggup membawa kita ke dalam kemuliaan-Nya yang lebih terang dari sebelumnya.

RENUNGAN
Tuhan kita adalah Tuhan yang sangat mengerti PENTINGNYA PERSIAPAN dan PERENCANAAN.

APLIKASI
1. Menurut Anda, apakah pentingnya memiliki persiapan dan perencanaan?
2. Mengapa Tuhan mengajarkan kepada kita, anak-anak-Nya, untuk memiliki perencanaan yang baik untuk hidup kita?
3. Sudahkah Anda membuat perencanaan untuk tahun yang akan datang? Apabila belum, mulai renungkan dan tuliskanlah perencanaan Anda, serta bawalah senantiasa dalam doa!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, terima kasih Engkau telah memberikan kami teladan untuk memiliki perencanaan dan persiapan yang baik. Kami tahu, ya Bapa, bahwa hidup kami adalah milik-Mu. Sehingga kami juga harus memaksimalkan hidup ini sebaik-baiknya selama kami masih ada di dunia, sehingga tujuan-Mu bagi hidup masing-masing kami boleh tergenapi. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”