MEMFILTER HATI DARI KEPAHITAN DAN AMARAH

RHEMA HARI INI

Efesus 4:31 Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan.

Seperti kata pepatah, makin tinggi tempat kita berpijak, makin kencang pula angin yang menerpa. Itulah yang dialami oleh Joni, setelah lulus kuliah ia langsung diterima bekerja di salah satu perusahaan besar di kotanya. Kerajinan, ketekunan dan dedikasi Joni membawanya naik jabatan dengan cepat. Hal ini membuat hati rekan-rekan sekerjanya menjadi iri. Mereka sering memfitnah dan menyebarkan cerita buruk tentang Joni. Pandai cari muka di depan bos, sok paling pandai dan sok rajin, adalah beberapa julukan buruk yang diberikan rekan-rekannya pada Joni.

Secara manusia Joni sadar betul bahwa perkataan dan sikap dari teman-temannya itu sangatlah jahat dan menyakitkan hatinya. Namun Joni memilih untuk tidak mau kecewa, marah dan menyimpan kepahitan. Ia tetap saja bersikap baik pada mereka, sebab Joni memiliki motto bahwa ketika teman-teman mengolok-oloknya, itu seperti mereka sedang melemparinya dengan batu. Ia akan menggunakan batu-batu tersebut untuk pijakan sehingga ia bisa dan makin semangat naik lebih tinggi lagi.

Sama seperti Joni, kita pun juga harus belajar menjaga hati. Tidak mungkin bagi kita untuk menyenangkan semua orang. Bahkan Yesus sendiri pun tidak bisa membuat senang semua orang. Pasti ada saja yang tidak suka dengan keberhasilan dan kesuksesan yang kita raih. Jadi janganlah menjadi masalah, apa pendapat manusia mengenai kita, melainkan carilah perkenanan Allah sebab itulah yang terpenting bagi kita. Kita tidak perlu sakit hati dan kecewa akan tanggapan orang lain, pastikan saja filter hati kita bekerja dengan baik untuk menyaring semua kepahitan dan amarah. Ingatlah bahwa tubuh kita adalah bait Allah. Janganlah mengotorinya dengan segala sampah yang tidak perlu. Segera lepaskan pengampunan dan bereskan semua yang masih mengganjal dalam hati kita, sehingga hidup dan hati kita bersih dan Roh Kudus senang tinggal dalam kita.

RENUNGAN:

Pastikan FILTER HATI kita bekerja dengan baik untuk MENYARING semua KEPAHITAN DAN AMARAH.

APLIKASI

1. Hal-hal apa yang sering membuat Anda marah atau kecewa?
2. Apa yang biasa Anda lakukan ketika Anda mulai sakit hati?
3. Pelajaran apa yang Anda dapatkan dan apa yang akan mulai Anda lakukan sejak saat ini?

DOA UNTUK HARI INI

Roh Kudus, ini hidup kami, ambil alih seluruh-Nya dan berkaryalah sepenuh-Nya. Pimpin hidup kami seturut kehendak-Mu. Tolong kami untuk membuang segala kepahitan dan amarah dari dalam hati kami, sebab kami ingin senantiasa menyukakan hati-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!