MEMIILIKI KEYAKINAN DALAM MENGETOK PINTU (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Kejadian 10-12
Matius 4

RHEMA HARI INI
Roma 10:11 Karena Kitab Suci berkata: “Barangsiapa yang percaya kepada Dia, tidak akan dipermalukan.”

Sewaktu Adam dan Hawa jatuh ke dalam dosa, mereka menyadari diri mereka telanjang, tetapi Tuhan membuatkan mereka pakaian dari kulit binatang (Kej. 3:21). Pada saat Ishak lahir, Hagar tidak lagi diinginkan oleh Abraham dan Sarah lalu diusir dari rumah, tetapi Tuhan memelihara Hagar dan memberikan janji yang luar biasa baginya (Kej. 21:14-20). Ketika Maria hamil, Yusuf mengira Maria tidak setia terhadapnya, tetapi Tuhan menutupi malu Maria dengan memberikan mimpi kepada Yusuf (Mat. 1:20). Terakhir, si wanita yang tertangkap basah berzinah dihakimi oleh massa di depan umum, tetapi Yesus membela dan mengampuni perbuatannya (Yoh. 8:10-11).
Tuhan sangat mengasihi dan memperhatikan umat-Nya, sampai-sampai Dia harus menegaskan dan meyakinkan bahwa orang-orang yang menantikan Dia takkan mendapat malu. Banyak orang Kristen sudah mengerti dan memahami kebenaran firman Tuhan ini, tetapi dalam praktik hidup sehari-hari, kita sering kali merasa kecewa dan marah kepada Tuhan, karena doa kita yang belum terjawab, pertolongan yang belum datang, atau kesembuhan yang kita harapkan belum kita alami. Kita pun berhenti berharap, tak lagi bertekun dalam doa, tak lagi bersabar menanti-nantikan Tuhan untuk bertindak, bahkan kita mulai putar haluan mencari pertolongan dari sumber lain dan berpaling dari-Nya. Kita inginnya semua serba cepat dan instan! Kita ingin Tuhan bertindak menurut waktu yang kita tentukan!
Jika hari ini ada di antara kita yang merasa sedang dipermalukan oleh situasi dan keadaan yang tidak sesuai dengan harapan kita, tetaplah percaya bahwa Tuhan ada di pihak kita. Tuhan tidak berdiam diri. Bagaimanapun, Tuhan sendiri yang berfirman bahwa barangsiapa yang percaya kepada-Nya, tidak akan dipermalukan. Tidak ada janji Tuhan yang tidak ditepati-Nya! Menantikan Tuhan berarti berjalan dalam kebenaran dan iman. Jika Tuhan belum menjawab doa-doa kita, tetaplah bertekun menantikan Dia. Tetap arahkan pandangan kita kepada Tuhan dan jangan ragu untuk mengetok pintu Tuhan, maka pintu akan terbuka bagi kita.

RENUNGAN
MILIKI KEYAKINAN dalam mengetok pintu, karena TUHAN TIDAK AKAN MEMPERMALUKAN kita.

APLIKASI
1. Apakah yang membuat Anda ragu dalam mengetok pintu hidup Anda selama ini?
2. Mengapa Anda perlu memiliki keyakinan bahwa Tuhan tidak akan mempermalukan Anda?
3. Bagaimana Anda akan mengetok pintu permasalahan Anda mulai dari sekarang?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, terima kasih karena Engkau adalah Bapa yang tidak akan pernah mempermalukan kami dalam pengharapan kami kepada-Mu. Kami percaya bahwa Engkau sendiri yang akan menuntun hidup kami dan membukakan pintu-pintu yang selama ini tertutup bagi kami. Pakailah hidup kami sebagai kesaksian hidup sehingga kemulian-Mu semakin nyata bagi orang-orang di sekeliling kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”