Memilih Bagian yang Terbaik

Renungan Keluarga Allah
Rabu, 15 Juni 2016

BACAAN HARI INI

Lukas 10:38-42

RHEMA HARI INI

Lukas 10:42 tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya.”

Bayangkan Anda hendak berkunjung ke rumah kekasih Anda yang sangat Anda cintai. Yang pasti, berdua dengannya adalah hal yang sungguh membahagiakan, bukan? Anda tentu sudah tidak sabar ingin segera sampai dan bertemu dengannya. Namun, apa yang Anda rasakan jika begitu tiba di sana, kekasih Anda yang begitu ingin Anda jumpai itu malah berpamitan hendak meninggalkan Anda untuk sekedar berbelanja sesuatu, menyiapkan hidangan, menghias ruangan, dan sebagainya. Semua itu dia lakukan untuk Anda. Tetapi Anda ditinggalkan sendirian! Tentu saja Anda akan langsung berkata kepadanya: “Duduklah disini, karena berbicara dan berdua denganmu adalah hal yang paling aku nantikan lebih dari ruangan yang indah dan hidangan yang lengkap.”

Dapatkah Anda melihat persamaan antara ilustrasi di atas dengan kisah Maria dan Marta? Ya, terkadang tanpa sadar, banyak orang ingin menyenangkan hati Tuhan, tetapi salah memahami apa yang sesungguhnya diinginkanNya. Sama seperti seorang kekasih yang ingin bersama menghabiskan waktu, bercerita tentang banyak hal, berbicara dari hati ke hati, itulah yang sesungguhnya dirindukan Tuhan!

Jika begitu, apakah melakukan pekerjaan bagi Tuhan itu salah? Tentu saja tidak. Tetapi itu bukanlah prioritas utama yang Tuhan minta dan Dia inginkan dari anak-anakNya. Jangan sampai ketika Anda memilih mengerjakan banyak hal, malah Anda kehilangan waktu-waktu pribadi dengan-Nya. Sesungguhnya, jauh di atas segala kesibukan Anda dalam melakukan banyak hal untukNya, Tuhan lebih merindukan sebuah relationship/hubungan yang hangat, yang makin hari makin dalam, makin kuat, makin melekat dan makin diperbaharui. Ketika Anda memiliki hubungan yang dekat dan mendalam dengan Tuhan, Anda akan mendapatkan perkenananNya. Itulah bagian yang terbaik yang didapatkan oleh Maria! Dan tahukah Anda bahwa di dalam perkenanan Tuhan, ada banyak hal yang akan Tuhan lakukan bagi hidup Anda. Pembelaan yang nyata, kasih karunia, penyertaan, bahkan Anda akan tahu apa isi hati dan kerinduanNya bagi hidup Anda. Karena Dia akan memberitahukan hal-hal yang tersembunyi dan hidup Anda akan menjadi tanda ajaib bagi banyak orang. Sangat berbeda dengan Marta yang karena kesibukannya sampai tidak sempat bertanya kepada Pribadi yang dilayaninya, apa yang sesungguhnya diinginkan oleh Yesus saat itu. Dan Alkitab mencatat Marta tidak mendapatkan bagian yang terbaik!

Belajarlah dari sikap dan keputusan Maria yang tahu betul apa yang membuat perkenanan Yesus turun atas hidupnya. Berkomitmenlah untuk tidak meninggalkan saat-saat duduk diam dekat kaki Tuhan untuk mendengarkan, merasakan dan menyatu dengan hatiNya. Itulah bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari hidup Anda, dan Anda akan selalu ada didalam perkenananNya!

RENUNGAN

Tuhan memberikan BAGIAN YANG TERBAIK kepada mereka yang suka duduk dekat dengan-Nya.

APLIKASI

  1. Adakah suatu kesibukan Anda yang hari-hari ini tanpa sadar malah menjauhkan Anda dari hubungan pribadi dengan Tuhan?
  2. Tuliskan komitmen Anda untuk memperbaharui hal itu!

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, ajarkan aku untuk terus senantiasa membangun kedekatan yang intim dan selalu memilih bagian yang terbaik di dalam Engkau. Ajarkan aku untuk memiliki hati seperti Maria, ya Tuhan, karena aku ingin selalu ada didalam perkenananMu. Didalam nama Tuhan Yesus, Amin!

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Markus 13