MEMILIKI DAMAI DAN SUKACITA ILAHI

RHEMA HARI INI

Yesaya 55:12 Sungguh, kamu akan berangkat dengan sukacita dan akan dihantarkan dengan damai; gunung-gunung serta bukit-bukit akan bergembira dan bersorak-sorai di depanmu, dan segala pohon-pohonan di padang akan bertepuk tangan.

Tahun demi tahun, Kiki menerima dan mengimani setiap rhema yang disampaikan oleh bapak gembala kita. Setiap tahun baru, Kiki mempunyai pengharapan bahwa di tahun yang akan datang ini, ia akan mengalami mujizat dan terobosan yang luar biasa, terlebih dalam hal ekonomi dan pemulihan keluarga. Meskipun Kiki sudah tidak tanggung-tanggung mengikut Tuhan, namun setelah beberapa tahun berlalu, Kiki merasa tak ada perubahan berarti yang terjadi. Ia masih saja harus bergumul dalam masalah keuangan dan pernikahan. Rasanya Kiki sudah hampir menyerah, ia sudah lelah untuk berharap. Bagusnya, meski demikian, tak sekalipun Kiki berpikir untuk meninggalkan Tuhan sebab hatinya terlanjur jatuh cinta pada Tuhan.

Memasuki Minggu kedua di bulan Maret 2021, Kiki menerima pengajaran tentang Perjanjian Damai. Kiki baru menyadari, bahwa sekalipun keadaan belum berubah, sekalipun ia tidak lagi berharap apa-apa, namun di hatinya ternyata tetap ada damai dan sukacita. Seburuk apapun masalah yang dihadapi Kiki, Tuhan tak pernah membiarkan Kiki terbenam dalam kesusahan terlalu lama. Selalu ada saja jalan keluar, atau jika pun tidak ada, selalu ada penghiburan sehingga Kiki bisa kembali bersukacita dan hidupnya terasa damai. Kiki pun merasa sangat terberkati dan sangat bersyukur bahwa Tuhan memberinya hati yang setia dan ingin selalu berpaut pada Tuhan Sang Sumber Kedamaian.

Memang tidak semua orang beruntung mendapatkan jawaban doa dan mujizat dengan cepat. Ada kalanya kita harus menunggu bertahun-tahun, belasan bahkan puluhan tahun, sampai Tuhan menjawab doa-doa kita. Tetapi percayalah, Tuhan tahu yang terbaik bagi kita. Kapan waktunya, siap atau belum, masihkan kita memerlukan proses, itu semua adalah kedaulatan dan ke-Maha Tahuan Tuhan yang hakiki. Jika kita bisa memahaminya, maka sekalipun keadaan tidak langsung berubah, kita akan tetap bisa tinggal tenang dan percaya. Di hati kita akan tetap ada damai dan sukacita Ilahi, bahkan puji-pujian dan ucapan syukur akan terus meluap dari hati kita kepada Tuhan. (PF)

RENUNGAN

Keadaan mungkin tidak langsung berubah, tetapi TETAP MILIKILAH DAMAI dan SUKACITA ILAHI.

APLIKASI

1. Apakah Anda pernah mengalami kehilangan damai dan sukacita karena keadaan yang tak kunjung berubah? Keadaan apakah itu?
2. Bagaimana cara Anda mengembalikan damai dan sukacita dalam hati Anda?
3. Apakah perbedaan yang Anda rasakan ketika Anda tetap bisa mengucap syukur dan berpikir positif sekalipun keadaan belum berubah?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, kami mau mengucap syukur atas segala hal yang baik dalam hidup kami. Meskipun belum semua yang kami harapkan menjadi kenyataan, namun jika kami mengingat semua kebaikan yang telah Kau beri, hati kami sekali lagi bersyukur dan memuji Engkau. Terimakasih Tuhan, atas damai dan sukacita ilahi yang Kau taruh dalam hati kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!