MEMILIKI HATI YANG MURNI

RHEMA HARI INI

Ayub 23:10 Karena Ia tahu jalan hidupku; seandainya Ia menguji aku, aku akan timbul seperti emas.

Lahir dan dibesarkan dalam sebuah keluarga yang taat beribadah, Rina telah diajarkan pengenalan akan Tuhan sejak usia dini. Ayah dan ibunya mendidik Rina dalam takut dan cinta akan Tuhan. Keluarga mereka sangat bahagia, sampai suatu hari ayah Rina jatuh sakit. Karena terlambat menangani, ayah Rina akhirnya meninggal dunia. Kehidupan Rina dan ibunya seperti dilanda badai yang memporak porandakan semuanya. Sebagai ibu rumah tangga biasa, ibu Rina memang tidak bekerja, dan hal ini membuat biaya hidup dan biaya sekolah Rina kini menjadi masalah yang sangat besar bagi mereka. Rina menjadi sangat kecewa pada Tuhan, ia tidak mau lagi diajak berdoa dan beribadah. Bahkan ia marah-marah jika mendengar ibunya masih setia berkata bahwa Tuhan itu baik.

Tetapi ibu Rina tak patah semangat, walaupun ia sendiri bingung dan tak tahu harus berbuat apa, namun ibu Rina tetap menyandarkan diri pada Tuhan dan mendoakan Rina setiap hari. Pengharapan kepada Tuhan memang tidak pernah mengecewakan, pihak sekolah yang mengetahui kesulitan mereka, menawarkan untuk mengelola salah satu dari kantin sekolah. Rina juga mendapat bantuan beasiswa dari yayasan, dan jika ia berprestasi maka Rina akan dibebaskan dari biaya sekolah secara total.

Banyak dari kita yang sebenarnya telah menerima hati yang murni saat kita pertama kali menerima Tuhan dan berjumpa dengan-Nya secara pribadi. Namun seiring waktu berjalan, banyak persoalan dan masalah yang datang dalam hidup kita. Jika kita tidak waspada dan menjaga hati, kemurnian itu bisa menjadi pudar bahkan hilang. Kekecewaan, kesedihan atau kemarahan yang kita alami, seringkali lebih kuat menguasai daripada suara Roh Kudus dalam hati kita. Akibatnya kita jadi menyangkal setiap perkataan Roh Kudus dan menolak hati nurani yang murni sehingga iman kita menjadi kandas. Percayalah bahwa Roh Kudus adalah Roh yang begitu murni, tak ada kejahatan yang direncanakan-Nya bagi kita. Sangat penting bagi kita untuk bisa memiliki hati yang murni, hati yang mudah percaya pada Roh Kudus, hati yang mudah berserah, yang tidak menyimpang dan hati yang tidak kecewa dengan Tuhan. Biarlah kita bisa berkata seperti Ayub, seandainya Ia menguji aku, aku akan timbul seperti emas. Maka seperti emas yang di khususkan untuk menjadi perabotan raja, kita yang memiliki hati yang murni pun akan menjadi kesayangan dan kesukaan Raja di atas segala raja.

RENUNGAN

SANGAT PENTING bagi kita untuk bisa memiliki HATI yang MURNI.

APLIKASI

1. Bagaiamanakah hati yang murni itu menurut Anda? Sudahkah Anda memilikinya?
2. Mengapa sangat penting bagi Anda untuk memiliki hati yang murni?
3. Apa langkah yang akan Anda ambil untuk bisa memiliki hati yang murni?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, bimbinglah kami agar kami senantiasa berada di jalan kebenaran-Mu. Selidikilah hati kami bilamana ada ketidak murnian di dalamnya. Ampuni kami jika kami pernah kecewa kepada-Mu. Biarlah Roh Kudus-Mu yang terus membersihkan dan memurnikan hati kami, sehingga kasih karunia-Mu selalu ada dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!