MEMILIKI KEPEDULIAN

BACAAN HARI INI
Lukas 10:25-37

RHEMA HARI INI
“Jawab orang itu: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.”
Lukas 10:27

Pada awal perang dunia II, seorang koresponden perang AS yang berseragam rapi menyemprotkan cologne sebanyak-banyaknya untuk menghilangkan aroma yang memuakkan dari tubuhnya. Memasuki sebuah rumah sakit primitif di Cina, ia hampir pingsan oleh bau mayat dan orang-orang sekarat. Tak tahan mendengar teriakan kesakitan yang memenuhi ruangan tersebut, ia memutuskan keluar mencari udara segar yang membawanya menyaksikan pemandangan paling memukau yang belum pernah ia lihat seumur hidupnya.

Seorang biarawati muda nan cantik dari ordo Maryknoll, Amerika sedang berlutut dihadapan seorang serdadu cina yang merintih kesakitan. Dengan penuh kasih ia membasuh sepasang kaki yang sudah membusuk selagi serdadu itu berbaring beralaskan tikar kotor. Koresponden itu memalingkan wajahnya karena jijik. “Suster,” katanya, “Saya tidak akan mau mengerjakan hal seperti itu meski dibayar jutaan dolar.” Dengan tersenyum biarawati itu menjawab dengan lembut, “Mungkin tidak akan ada orang yang mau melakukannya, tapi Yesus mau.”

Dalam kisah orang Samaria baik hati yang diceritakan oleh Tuhan Yesus, kita dapat melihat bahwa sesungguhnya Imam dan orang Lewi pun melihat korban perampokan. Mereka sebenarnya tahu apa yang seharusnya dilakukan namun mereka memilih tidak melakukannya. Lain halnya dengan orang Samaria, ketika melihat korban perampokan itu, ia memilih untuk berbuat baik dengan membalut lukanya, merawat, serta menolongnya.

Tuhan menginginkan Anda dan saya tidak hanya menjadi anak-Nya yang mengerti tentang kebenaran, Tuhan inginkan kita memiliki kepedulian terhadap sesama manusia. Belajar peka dengan suara Roh Kudus, belajar melakukan Firman Tuhan, menjadi saluran berkat, dan melakukan tindakan-tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari. Biarlah nama Tuhan diagungkan dan ditinggikan lewat apa yang kita lakukan, itulah penuai-penuai Unlimited Harvest. Amin. Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN
Seorang PENUAI unlimited harvest MEMILIKI KEPEDULIAN untuk membalut luka-luka orang yang membutuhkan, bukan hanya membiarkannya.

APLIKASI
1. Evaluasi diri Anda, apakah Anda termasuk orang yang peduli dengan sekitar Anda atau masih sering berpura-pura saat melihat kesusahan orang lain ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, ampuni kami jika terkadang kami tidak peduli dengan orang lain. Mulai saat ini kami mau jadi berkat untuk orang lain.
Amin

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Hakim-Hakim 7-8
Kisah Para Rasul 25