MEMOTONG YANG MEMBUAT KITA TIDAK BISA SEGENAP HATI

RHEMA HARI INI

Yohanes 15:2 Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah.

“Ku mau cinta Yesus, selamanya. Kumau cinta Yesus, selamanya, meskipun badai silih berganti dalam hidupku, ku tetap cinta Yesus Selamanya.” Setiap kali mendengar pujian dari Nikita ini, Lili selalu merasa diingatkan akan komitmennya kepada Tuhan yang sangat dikasihinya. Dalam hidup Lili memang banyak kejadian yang terkadang membuat imannya naik dan turun. Tetapi Lili selalu mau belajar untuk tidak membiarkan keadaan membuat kasihnya kepada Tuhan Yesus berubah atau bahkan berkurang. Lili ingin menjadi seperti Daud, yang mengasihi Tuhan dengan segenap hati, akal budi dan kekuatannya.

Kita semua mengenal Daud sebagai raja yang paling berkenan dan di kasihi Tuhan. Sampai-sampai Tuhan berjanji akan memberkati dan memelihara seluruh keturunan Daud, oleh karena kasih Daud yang segenap kepada Tuhan. Berbeda halnya dengan raja Yehu yang hanya dijanjikan Tuhan sampai keturunan yang ke empat saja (2 Raja-raja 10:30). Tuhan yang melihat hati tahu, bahwa meskipun Yehu mengasihi Tuhan, tetapi tidak dengan segenap hatinya. Itu sebabnya berkat dan kasih karunia Tuhan dalam hidup Yehu pun tidak diberikan Tuhan dengan segenap. Bahkan karena Yehu tetap tidak menjauhi dosa, Tuhan akhirnya memotong atau menggunting daerah Israel pada masa pemerintahannya.

Kita manusia, seringkali lupa saat Tuhan memberkati dengan limpah. Kita mulai berubah setia, membiarkan diri dikuasi daging dan mulai kompromi dengan dosa. Kita lantas bertanya-tanya dan mengeluh kepada Tuhan ketika kita tidak lagi mengalami kemajuan tetapi kemunduran. Hidup kita bukan mengalami penambahan tetapi justru pengurangan. Sebenarnyalah, karena Tuhan mengasihi kita maka Dia akan memotong apapun yang membuat kita tidak bisa mengikut Tuhan dengan segenap hati. Sebab Tuhan ingin agar kita bisa meraih janji-janji dan berkat yang telah Dia sediakan untuk kita. Oleh sebab itu, jika hari ini kita merasa ada sesuatu yang terpotong dalam hidup kita, segeralah memeriksa hati kita. Segera kembali mengasihi Tuhan dengan segenap, sehingga kita akan dibawa Tuhan terus naik dan tidak turun.

RENUNGAN

Tuhan akan MEMOTONG apa pun yang membuat kita tidak bisa MENGIKUT TUHAN DENGAN SEGENAP HATI.

APLIKASI

1. Apakah hari-hari ini Anda merasa ada sesuatu yang Tuhan potong dari hidup Anda?
2. Coba renungkanlah, apakah hal-hal itu yang membuat Anda tidak bisa mengasihi Tuhan dengan segenap?
3. Apa komitmen Anda untuk bisa kembali mengasihi Tuhan dengan segenap?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, ampuni kami jika masih ada hal-hal dalam hidup kami yang membuat kami tidak bisa mengasihi Engkau dengan segenap. Tunjukkanlah kepada kami, Tuhan, dan mampukan kami untuk mengalahkannya. Sebab kami rindu untuk mengasihi Engkau dengan segenap. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!