Mempergunakan Kesempatan

ants on workRHEMA HARI INI
Amsal 6:6 Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak.

Seorang pelaut yang karam kapalnya, ditemukan di pantai sebuah pulau di Laut selatan. Suku asli di sana memanggulnya, membawanya ke desa mereka, dan kemudian meletakkannya di atas sebuah takhta yang primitif. Jelaslah bagi pelaut ini bahwa ia sedang diikutsertakan dalam upacara memahkotai raja, tetapi yang selebihnya ia kurang paham. Ia menemukan bahwa suku asli tersebut memiliki adat istiadat untuk memilih orang baru untuk dijadikan raja setiap tahunnya. Begitu masanya berakhir sebagai raja, ia akan dibuang ke sebuah pulau yang tandus di dekat sana, dimana ia akan mati kelaparan. Karena tidak senang dengan resiko tersebut, sang pelaut memutuskan untuk dengan sepenuhnya memanfaatkan posisinya sebagi raja. Bukannya duduk-duduk saja serta dilayani, ia suruh para tukang kayu untuk membuat perahu, para petani untuk mentransplantasi pepohonan serta bercocok tanam, dan para tukang batu untuk membangun rumah-rumah di pulau tersebut. Ketika masanya sebagai raja berakhir dan ia dibuangdi pulau yang dulunya tandus namun sekarang telah berubah menjadi subur berlimpah.

Seperti pelaut itu yang bisa memanfaatkan kesempatan dengan sangat baik, demikian juga dengan kita. Musim panas adalah masa kesempatan besar bagi kita yang tidak boleh kita sia-siakan. Oleh sebab itulah kita perlu bekerja keras. Ini petunjuk Firman Tuhan bagi kita di musim panas: Belajarlah dari semut! Sekalipun tidak ada yang memerintahkan, begitu musim panas tiba, semut akan bekerja… dan bekerja… dan terus bekerja… untuk menyediakan rotinya dan mengumpulkan makanannya sehingga tidak seorangpun dari kita yang kehilangan kesempatan, namun sebaliknya mempergunakannya dengan sebaik mungkin.

RENUNGAN
Musim panas akan menjadi kesempatan yang besar kalau kita mau bekerja keras mengusahakannya.

APLIKASI
1. Ketika Tuhan membawa Anda beralih ke musim kehidupan yang berbeda, apakah yang akan Anda lakukan?
2. Komitmen apa yang akan Anda buat dihadapan Tuhan untuk berani masuk dalam musim kehidupan yang baru?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan kami bersyukur Engkau ada di setiap musim kehidupan kami. Ajar kami berani melangkah meninggalkan musim yang sudah berlalu dan berjalan menuju musim yang baru yang Tuhan sudah sediakan bagi kami. Kami percaya di depan sanapun anugerah-Mu sudah Engkau siapkan bagi kami. Terimakasih Tuhan. Amin.