Mempergunakan Tubuh Untuk Melayani Tuhan

Renungan Keluarga Allah
Sabtu, 11 Maret 2017

BACAAN HARI INI

Roma 14:7-19

RHEMA HARI INI

Roma 14:17-18 Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus. Karena barangsiapa melayani Kristus dengan cara ini, ia berkenan pada Allah dan dihormati oleh manusia.

“Saya bisa memikirkan diri sendiri, tetapi saya sangat percaya bahwa Tuhan menciptakan kita untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Siapa pun kita, karena kita berharga di mata Tuhan.” Demikian kata seorang pemuda. Pertengahan 2015, saat ia sedang magang di perusahaan IT, Tuhan memberikan panggilan untuk membangun akun media sosial kekristenan dan melayani-Nya sepenuh waktu. Saat itu, ia merasa sedih karena hal itu berarti ia harus meninggalkan karier dan masa depannya. Di mana ia bisa dibayar mahal. Awalnya, orangtuanya sempat tidak setuju. Teman-temannya pun tidak ada yang mendukung dan bahkan menjatuhkan semangatnya. Namun ia tetap setia dan kini akun rohaninya telah memiliki sekitar 428.000 pengikut. Semua perjuangannya pun terbayar ketika ia bisa melihat begitu banyak orang yang terberkati.

Mungkin sebagian dari kita masih bertanya-tanya apakah kita seharusnya melayani atau tidak. Mungkin sebagian lagi sedang bergumul karena Tuhan memberikan panggilan untuk mengambil porsi pelayanan yang lebih besar. Setiap pergumulan kita memang tidak mudah. Kita menyayangkan waktu, tenaga, dan pikiran yang bisa kita pakai untuk pencapaian pribadi kita. Namun, sebelum kita memikirkan pengorbanan kita, ingatlah terlebih dahulu akan pengorbanan Tuhan di kayu salib. Tanpa pengorbanan-Nya, kita pun akan kehilangan hidup kita. Jangankan seporsi waktu kita, sesungguhnya Tuhan sangat layak mendapatkan seluruh waktu kita.

Tuhan tidak menciptakan kita untuk kepentingan diri kita sendiri. Dari waktu ke waktu, Dia rindu untuk dapat melibatkan setiap anak-Nya dalam pekerjaan besar-Nya. Memang tidak semua orang dipanggil sebagai fulltimer. Namun, apa pun pekerjaan kita, Tuhan tetap memanggil kita untuk melayani-Nya sepenuh waktu. Dia ingin kita dapat memancarkan terang-Nya yang ajaib di sekeliling kita. Supaya semakin banyak orang dapat mengenal kasih-Nya yang memberikan keselamatan dan pengharapan. Agar melalui kita, Tuhan dapat menjangkau lebih banyak lagi jiwa-jiwa yang terhilang. (MV.L)

RENUNGAN

Jangan hanya MEMPERGUNAKAN TUBUH kita hanya untuk mencari uang saja, tetapi gunakanlah untuk MELAYANI TUHAN

APLIKASI

  1. Pergumulan apa yang sedang Anda alami tentang pelayanan?
  2. Menurut Anda, mengapa Anda perlu melayani Tuhan? Apakah yang Tuhan kehendaki dari Anda?
  3. Apa langkah selanjutnya yang dapat Anda ambil untuk mulai melayani-Nya?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan, berikan kami hati yang rindu untuk melayani-Mu. Kami ingin tubuh yang Engkau berikan ini tidak hanya kami gunakan untuk mencari uang, tetapi juga melakukan pekerjaan-Mu. Agar kami pun dapat memenuhi tujuan yang Engkau rencanakan bagi kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Zefanya