Memperkatakan Firman Dengan Iman

BACAAN HARI INI
Yakobus 3:1-12

RHEMA HARI INI
Yakobus 3:5 Demikian juga lidah, walaupun suatu anggota kecil dari tubuh, namun dapat memegahkan perkara-perkara yang besar. Lihatlah, betapapun kecilnya api, ia dapat membakar hutan yang besar.

Bagaimana jika ada seorang tentara yang sedang menghadapi peperangan dengan pasukan musuhnya, dan ia sudah diperlengkapi dengan granat untuk menyerang musuh, tetapi tidak pernah ia tarik tuasnya untuk dilempar dan diledakkan ke kubu musuh? Pastilah tentara itu akan terus menerus dibombardir dengan serangan demi serangan dari pihak musuh. Tetapi ketika tentara tersebut berani menarik tuas granat, lalu melemparkan dan meledakkannya ke kubu musuh, maka musuh akan bisa dikalahkan.

Itulah juga yang terjadi ketika kita memiliki iman dan firman. Dua senjata itu baru bisa berkuasa apabila digunakan. Firman ibarat granat yang sudah ada di tangan kita, dan iman adalah daya ledak yang ada di dalamnya. Firman dan iman baru bisa memiliki kuasa untuk mengalahkan musuh ketika itu dideklarasikan, seperti granat yang baru bisa berguna mengalahkan musuh ketika itu dilemparkan dan diledakkan.

Deklarasi yang kita lakukan adalah memperkatakan firman dengan mulut kita. Itu sebabnya firman Tuhan dalam rhema yang kita baca hari ini mengatakan bahwa lidah kita meskipun suatu anggota yang kecil dari tubuh, namun dapat memegahkan perkara-perkara yang besar. Ketika kita menggunakan perkataan kita untuk mendeklarasikan firman dengan iman, maka hal-hal besar dan ajaib akan terjadi dalam hidup kita; yang sakit disembuhkan, yang kekurangan diberi kelimpahan, keluarga yang hancur dipulihkan, yang menemui jalan buntu diberikan jalan keluar, yang mustahil menjadi sebuah keajaiban yang besar.

RENUNGAN
Selain memiliki IMAN, kita juga perlu belajar MEMPERKATAKAN FIRMAN.

APLIKASI
1.    Mengapa iman dan firman perlu berjalan bersama-sama?
2.    Menurut Anda, seberapa besarkah kedahsyatan firman dan iman jika itu digunakan dalam hidup kita?
3.    Komitmen apa yang akan Anda ambil supaya Anda bisa mengalami kuasa dari firman dan iman?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, kami bersyukur sebab Engkau telah memberikan senjata yang sangat berkuasa bagi kami. Kami percaya ketika kami memperkatakan firman dengan iman kami, maka kemenangan demi kemenangan dan terobosan demi terobosan pasti akan terjadi dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”