Memperkuat Manusia Roh

fire spiritRHEMA HARI INI
Mazmur 84:6-8 Berbahagialah manusia yang kekuatannya di dalam Engkau, yang berhasrat mengadakan ziarah! 7 Apabila melintasi lembah Baka, mereka membuatnya menjadi tempat yang bermata air; bahkan hujan pada awal musim menyelubunginya dengan berkat. 8 Mereka berjalan makin lama makin kuat, hendak menghadap Allah di Sion.

Ada dua anak yang sejak kecil menjalin persahabatan yang sangat baik. Kemanapun mereka selalu bersama, baik disekolah, ditempat main ataupun dirumah. Suatu ketika ada teman mereka yang merasa iri dan tidak suka melihat keakraban dan kedekatan mereka. Dia berusaha membuat cara untuk memisahkan mereka berdua. Suatu ketika ia mempunyai ide. Ia memanggil dua anak itu. Ia berkata kepada dua anak itu, “Aku mengajak kalian untuk bermain bersama.” Dua anak itu menanggapinya dengan baik karena mereka berdua dikenal sebagai anak yang baik dan ramah kepada siapapun. Anak yang ingin memisahkan persahabatan dua anak itu menjelaskan aturan dalam permainan tersebut. “Kita akan bagi dalam dua kelompok, aku dan temanku sedangkan kalian satu kelompok. Salah satu dari kita akan ditutup matanya dan berjalan menuju bola itu dan anggota kita bertugas untuk mengarahkan anggotanya dan mengecohkan lawannya.” Permainanpun dimulai, anak yang berniat buruk tadi berfikir bahwa mereka akan kalah dan terkecoh dengan suara orang lain dan akhirnya mereka bertengkar dan berpisah. Namun apa yang terjadi, karena dari kecil dua anak ini menjalin hubungan yang sangat dekat, maka hubungan mereka terikat dengan sangat kuat. Mereka peka dan mampu membedakan mana suara sahabat mereka dan mana yang bukan, sehingga usaha untuk memisahkan mereka akhirnya gagal.

Ketika kita terus-menerus membangun hubungan pribadi yang intim dengan Tuhan, maka manusia roh kita akan bertumbuh semakin lama semakin kuat, sehingga kita makin peka mendengarkan suara Tuhan. Kita dimampukan untuk membedakan manakah suara Tuhan atau suara hati kita sendiri. Ketika kita bisa peka menangkap suara Tuhan dan rencana-Nya atas hidup kita, maka hidup kita pasti akan terpimpin masuk dalam kemuliaan yang sudah DIA sediakan bagi kita.

RENUNGAN
PERKUAT manusia Rohmu! Sebab semakin kuat MANUSIA ROH kita, semakin PEKA kita mendengar suara Tuhan.

APLIKASI
1. Selidiki, bagaimana kondisi manusia Roh saudara hari ini? Sedang dalam keadaan kuat atau lemah? Mengapa?

2. Apa komitmen yang akan saudara buat supaya manusia roh saudara bisa semakin kuat?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan, tolong kami untuk semakin memperkuat manusia roh kami setiap hari dengan membangun persekutuan yang intim dengan-MU. Kami percaya ketika manusia roh kami kuat, maka hidup kamipun akan penuh dengan kemenangan. Amin!