MEMUJI ADALAH SEBUAH KEUNTUNGAN

RHEMA HARI INI

Amsal 15:1 Jawaban yang lemah lembut meredakan kegeraman, tetapi perkataan yang pedas membangkitkan marah.

Pada umumnya orang akan merasa senang saat mendapat pujian. Pujian yang tulus dapat memberikan kekuatan dan energi yang luar biasa dalam hidup kita. Pujian bisa menyemangati, pujian membuat orang merasa diperhatikan dan merasa diakui keberadaannya. Oleh karena itu, kata-kata pujian menjadi salah satu bahasa kasih manusia. Ada sebagian orang yang merasa dikasihi, lebih percaya diri, diterima dan dihargai saat menerima pujian dari keluarga, pasangan dan teman-temannya.

Seringkali kita melihat bahwa memuji menjadi sesuatu yang langka dalam sebuah hubungan. Terlebih dalam hubungan dimana keduanya sama-sama memiliki ego yang tinggi. Merasa lebih mampu, merasa tidak terlalu membutuhkan peran pasangannya, sehingga merasa tidak perlu memberikan pujian. Padahal sejatinya, memberikan pujian bukanlah sebuah kerugian justru merupakan sebuah keuntungan. Pujian adalah hal sederhana yang terkadang bisa mengubah hidup seseorang secara luarbiasa. Suasana yang tidak enak pun bisa berubah menjadi menyenangkan saat kita mengeluarkan kata-kata pujian.

Jika manusia saja senang di puji, begitu pula dengan Tuhan kita. Karena itu dalam setiap ibadah, puji-pujian merupakan sesuatu yang penting dan tidak pernah di tinggalkan. Melalui pujian penyembahan, hati Tuhan disenangkan dan Dia berkenan menyatakan hadirat-Nya. Firman Tuhan yang di sampaikan sesudahnya akan diurapi, memberkati dan membawa perubahan dalam hidup kita semua. Sama seperti kata-kata ejekan, cemoohan, kata-kata yang kasar atau kata-kata yang penuh tuntutan akan membuat seseorang tidak enak hati, menjadi down, bahkan akhirnya menjadi tidak berdaya, perkataan pesimis yang meragukan Tuhan juga akan menghalangi kuasa Tuhan bekerja. Sebaliknya, keadaan yang paling tidak menguntungkan sekalipun, bisa berbalik menjadi terobosan yang luar biasa ketika kita tetap memuji-muji Tuhan.

RENUNGAN

Memuji orang lain bukanlah kerugian, melainkan SEBUAH KEUNTUNGAN.

APLIKASI

1. Apakah kata-kata pujian memiliki arti yang penting bagi Anda? Mengapa demikian?
2. Keuntungan apa yang pernah Anda rasakan ketika Anda memuji orang lain?
3. Menurut Anda, lebih banyak kerugian atau keuntungan saat Anda memberikan pujian? Apa komitmen Anda tentangnya?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa,berkati lidah dan bibir kami, supaya apa yang kami perkatakan bukanlah sesuatu yang melukai orang lain. Biarlah hanya pujian dan perkataan positif yang membangkitkan iman saja yang keluar dari mulut kami. Kami percaya berkat anugerah-Mu melimpah ketika hati dan mulut kami penuh dengan pujian. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!