Memulai Dan Mengakhiri Dengan Baik

BACAAN HARI INI
1 Korintus 9:1-27

RHEMA HARI INI
1 Korintus 9:25 “Tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, menguasai dirinya dalam segala hal. Mereka berbuat demikian untuk memperoleh suatu mahkota yang fana, tetapi kita untuk memperoleh suatu mahkota yang abadi.”

Setelah bertahun-tahun menerjemahkan Alkitab dari bahasa aslinya ke dalam bahasa Inggris, William Tyndale harus menghadapi masalah perizinan percetakan. Ia malahan menjadi buronan pemerintah Inggris. Tyndale yang melarikan diri ke Worms saat itu berhasil menyelesaikan dan mencetak Alkitab Perjanjian Baru ukuran saku. Dalam waktu singkat, Alkitab terjemahannya mulai beredar dalam jumlah besar di Inggris. Saat itulah untuk pertama kalinya, bangsa Inggris membaca kebenaran Firman Allah.

Namun demikian, pemerintah Inggris tidak tinggal diam. Mereka mengirim orang untuk mencari Tyndale dan berhasil menangkapnya pada tahun 1535. Setelah 16 bulan ditahan di Brussels, ia secara resmi dihukum mati. Walaupun Tyndale sudah wafat, hal-hal luar biasa yang ia lakukan untuk menyebarkan kebenaran Firman Allah masih dapat kita rasakan sampai saat ini. Tercatat bahwa ia telah menerjemahkan dan mencetak 5 Kitab Musa serta 5 kitab pertama dalam Alkitab Perjanjian Lama. Bahkan, 90% dari Alkitab Perjanjian Baru dan 50% Perjanjian Lama versi bahasa Inggris yang kita baca saat ini adalah hasil terjemahannya.

Tahukah Anda bahwa kita semua, orang percaya di dalam Kristus, harus mengikuti pertandingan iman? Jenis pertandingan yang Tuhan siapkan untuk setiap orang pun berbeda-beda. Ada William Tyndale dengan perjuangannya menyebarkan kebenaran Firman Allah, ada Mother Teresa dengan perjuangannya mengangkat derajat kaum papa, ada Abraham Lincoln yang memperjuangkan hak-hak kemanusiaan di negaranya, dan lain sebagainya. Apakah Anda sudah tahu pertandingan iman macam apa yang Tuhan siapkan untuk hidup Anda?

Dalam mengikuti pertandingan iman tersebut, kebanyakan orang memulai dengan baik, bahkan, sangat baik. Namun, bagaimana dengan akhirnya? Apakah selama pertandingan tersebut mata Anda masih tertuju pada Tuhan? Apakah Anda sudah menjalani pertandingan dengan strategi yang tepat? Jika Anda memulai dengan baik sesuai Firman Tuhan, maka ingatlah untuk mengakhirinya dengan baik sehingga Anda memperoleh mahkota yang sudah Tuhan siapkan. Tuhan Yesus memberkati (ABU).

RENUNGAN
Jika Anda sudah MEMULAI DENGAN BAIK, maka Anda pun harus MENGAKHIRINYA DENGAN BAIK.

APLIKASI
1. Apa yang Anda dapatkan dari renungan hari ini ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, kami mau tujukan mata kami kepada-Mu sehingga kami dapat mengakhiri apa yang sudah kami mulai dengan baik.
Amin

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Ayub 22-24
Galatia 5