MEMURNIKAN DAN MENGUDUSKAN HIDUP DENGAN SUNAT ROHANI

RHEMA HARI INI

Kolose 2:11 Dalam Dia kamu telah disunat, bukan dengan sunat yang dilakukan oleh manusia, tetapi dengan sunat Kristus, yang terdiri dari penanggalan akan tubuh yang berdosa,

Membuang atau menyingkirkan barang-barang yang tidak berguna adalah sesuatu hal yang lazim kita kerjakan bila kita menginginkan suasana yang bersih. Ada banyak sekali manfaat dari lingkungan yang bersih. Kesehatan salah satunya. Sebab seperti yang kita semua tahu, binatang-binatang pembawa penyakit seperti nyamuk, lalat, tikus dan kecoa suka sekali bersemayam di tempat yang kotor, lembab, berantakan dan tumpukan barang-barang. Dengan menjaga kebersihan, maka otomatis binatang-binatang ini akan pergi dengan sendirinya.

Begitu pula dengan tanaman. Supaya dapat menghasilkan buah yang berkualitas, sebuah pohon harus mengalami fase pruning atau pembersihan dari segala hal yang menghalanginya untuk berbuah. Bisa berbentuk tanaman benalu, ranting mati ataupun daun-daun yang terlalu banyak. Sedangkan untuk tubuh manusia, kita mengenal istilah sunat yang sangat baik untuk kesehatan. Dalam dunia medis, sunat artinya memotong sebagian ujung kulit yang menutup kemaluan pria untuk menjaga kebersihan organ pria itu sendiri.
Bagian yang berpotensi menjadi tempat yang kotor itulah yang diambil dan disingkirkan.

Demikian pula ketika kita lahir baru secara roh, Tuhan menghendaki agar kita dapat berbuah bagi Kerajaan Sorga. Karena itu kita perlu mengalami sunat rohani agar setiap sifat dosa daging yang menghalangi pertumbuhan rohani kita di potong dan dibuang. Ketika kita mengambil komitmen untuk hidup bersih dalam kemurnian dan berjalan dalam kekudusan, maka rencana Tuhan akan terjadi dalam hidup kita. Segala berkat yang baik, kemenangan dan terobosan adalah rencana Tuhan atas hidup setiap anak-anakNya. Oleh sebab itu, mari kita tanggalkan hidup lama kita. Jangan ragu memotong dan menyingkirkan dosa-dosa kita, sehingga kita bertumbuh semakin kuat, kokoh dan tidak akan terkalahkan oleh dunia.

RENUNGAN

SUNAT ROHANI berarti MEMOTONG segala DOSA-DOSA kita dan BERKOMITMEN untuk HIDUP BERSIH dalam KEMURNIAN dan KEKUDUSAN.

APLIKASI

1. Hal-hal apa saja yang menghalangi Anda untuk hidup dalam kekudusan?
2. Menurut Anda, mengapa sunat rohani diperlukan?
3. Sunat rohani dalam hal apa yang perlu Anda lakukan? Apa komitmen Anda tentangnya?

DOA UNTUK HARI INI

“Roh Kudus ajari kami untuk senantiasa berjalan dalam kekudusan. Mampukan kami untuk memotong dosa-dosa kami dan tuntunlah kami dalam penggenapan rencana ilahi atas setiap kami. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!