Menabung Seperti Semut

Renungan Keluarga Allah
Rabu, 24 Februari 2016

BACAAN HARI INI

Amsal 6:6-11

RHEMA HARI INI

Amsal 6:8 …ia menyediakan rotinya di musim panas, dan mengumpulkan makanannya pada waktu panen

Seorang wisudawan terbaik memberikan pidato sambutannya dan berkata, “Saya lulus hari ini karena sebuah botol acar ketimun…” Ya, ayah dari pemuda tersebut sejak kecil selalu mengajarkan menabung koin demi koin yang didapatnya pada sebuah botol acar ketimun. Ketika botol itu sudah penuh, maka ayahnya akan membukanya, menuangkan uangnya di meja, menghitungnya, menyusunnya dengan rapi dan membungkusnya, lalu membawanya ke bank. Setiap kali mereka dalam perjalanan ke bank, ketika melewati pabrik tekstil terbesar di kota mereka, ayahnya selalu berkata, “Koin-koin ini akan mencegahmu bekerja di pabrik tekstil itu, nak. Kamu akan mengalami masa depan yang lebih baik dari padaku. Pabrik tekstil tua itu tidak akan mampu untuk menahanmu.” Setiap kali ayahnya menyerahkan koin-koin yang dibungkus dalam gulungan kertas secara rapi kepada kasir bank, ia menyeringai dengan bangga, “Uang-uang logam ini akan dipergunakan untuk membiayai sekolah anakku di universitas. Ia tidak akan bekerja di pabrik tekstil selama hidupnya, seperti aku ini.”

Menabung, memastikan kita memiliki persediaan untuk masa depan kita nanti. Memang menabung bukanlah segalanya. Tetap ada faktor Tuhan dan faktor yang lain yang bisa mempengaruhi masa depan kita. Tetapi menabung setidaknya mempersiapkan diri kita untuk menghadapi keadaan yang tidak terduga dalam hidup kita.

Amsal mengajarkan kepada kita bagaimana semut saja rajin mengumpulkan makanannya saat musim panas sehingga ia memiliki persediaan saat musim dingin tiba. Maka kita harus belajar dari teladan semut ini, yaitu dengan tekun mengumpulkan sedikit demi sedikit dari berkat yang ada pada kita sehingga kita siap menghadapi ‘musim dingin kesulitan’ yang mungkin datang dalam hidup kita.

Menabung adalah salah satu petunjuk Firman Tuhan untuk kita bisa mengelola keuangan kita dengan hikmat Tuhan. Masih ada petunjuk Firman Tuhan yang lain yang harus kita lakukan untuk kita bisa mengalami terobosan dalam keuangan. Itu sebabnya teruslah mengikuti renungan demi renungan Firman Tuhan dari seri kotbah keuangan ini, sehingga kita terus dituntun hari demi hari untuk mengalami hidup yang penuh berkat berkelimpahan dari Tuhan.

RENUNGAN

Orang yang TEKUN MENABUNG akan memiliki cukup persediaan untuk menghadapi ‘musim dingin’ dalam hidupnya.

APLIKASI

Komitmen apa yang akan Anda lakukan untuk menjadi pelaku Firman Tuhan ini dengan menabung?

DOA UNTUK HARI INI

Ya Tuhan, berikan hikmat kepada kami untuk mengatur setiap berkat yang Engkau percayakan kepada kami sehingga kami bisa menyisihkannya dengan menabung. Kami percaya petunjuk Firman-Mu itu yang terbaik bagi kami. Oleh karena itu kami rindu untuk bisa melakukannya dalam kehidupan kami. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yesaya 18-22