Menabur Banyak, Pasti Menuai Banyak

RHEMA HARI INI
II Korintus 9:6 “Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga”

Pada suatu hari seorang pemuda sedang berjalan ditengah hutan, tiba-tiba ia mendengar jeritan minta tolong. Ternyata ia melihat seorang pemuda sebaya dengan dia sedang bergumul dengan lumpur yang mengambang, semakin bergerak malah semakin dalam ia terperosok. Pemuda yang pertama tadi hendak sekuat tenaga memberikan pertolongannya, dengan susah payah pemuda yang terperosok itu dapat diselamatkan. Pemuda yang pertama memapah pemuda yang terperosok ini pulang ke rumahnya. Ternyata rumah si pemuda kedua sangat bagus, besar, megah, dan mewah. Ayah pemuda ini sangat berterima kasih atas pertolongan yang diberikan kepada anaknya, dan hendak memberikan uang, pemuda yang pertama ini menolak pemberian tersebut. Ia berkata bahwa sudah selayaknya sesama manusia menolong orang lain yang dalam kesusahan. Sejak kejadian ini mereka menjalin persahabatan. Si pemuda pertama adalah seorang yang miskin, sedangkan si pemuda kedua adalah bangsawan yang kaya raya. Si pemuda yang miskin ini mempunyai cita-cita untuk menjadi dokter, namun ia tidak mempunyai biaya untuk kuliah. Tetapi, ada seorang yang murah hati, yaitu ayah dari pemuda bangsawan itu. Ia memberi beasiswa sampai akhirnya meraih gelar dokter. Pemuda miskin yang menjadi dokter ini kemudian dikenal dengan nama Dr. Fleming. Penemu obat Penisilin. Si pemuda bangsawan masuk dinas militer dan dalam suatu tugas ke medan perang, ia terluka parah sehingga menyebabkan demam yang sangat tinggi karena infeksi. Pada waktu itu belum ada obat untuk infeksi. Para dokter mendengar tentang penisilin penemuan Dr.Fleming dan mereka menyuntik dengan penisilin yang merupakan obat penemuan baru. Berangsur-angsur demam akibat infeksi itu reda dan si pemuda bangsawan akhirnya sembuh. Pemuda bangsawan yang berkarir di militer ini dikenal dunia dengan nama Winston Churchill. Perdana Menteri Inggris yang termasyhur itu, Fleming menabur kebaikan dan menuai kebaikan pula. Ia menjadi dokter, Fleming menemukan penisilin yang akhirnya menolong jiwa Churchil.

Seorang Kristen melakukan perbuatan baik itu merupakan ungkapan terima kasihnya karena dia sudah mendapatkan anugerah keselamatan yang sudah diberikan Tuhan Yesus. Di mana segala dosa dan pelanggaran hidupnya dihapuskan oleh kematian Tuhan Yesus di kayu salib. Hukum tabur tuai ini akan berakhir pada saat seseorang tersebut meninggal dunia. Dalam kisah diatas Dr.Fleming dan Winston Churchill saling menabur kebaikan sehingga menuai kebaikan. Yesus mengajar kita untuk mengukur hidup dengan kehilangan daripada perolehan, dengan berkorban daripada menikmati kenyamanan bagi diri sendiri, dengan menghabiskan waktu bersama orang lain daripada untuk diri sendiri, dengan menaburkan cinta daripada menikmati cinta. Janganlah berhenti berdoa, Janganlah ragu, Jangan sedih, karena akan tiba saatnya, menurut waktu Tuhan, engkau akan menuai, apa yang anda tabur akan anda tuai, serahkan kepada Tuhan kasih dan hati dan perhatian serta komitmen jiwa dan kehidupan kita, dan harapkan janji Tuhan yang akan menjawab doa-doa kita, dan mencurahkan berkat serta rahmat-Nya seratus kali lipat. Itulah Tuhan yang menjadikan kita dan alam semesta yang di dalamnya kita hidup. Orang yang MENABUR pasti akan MENUAI; kalau TIDAK MENABUR, maka TIDAK AKAN MENUAI. Menabur SEDIKIT, menuai SEDIKIT; menabur BANYAK, pasti menuai BANYAK. (ABU)

RENUNGAN
Orang yang MENABUR pasti akan MENUAI; kalau TIDAK MENABUR, maka TIDAK AKAN MENUAI. Menabur SEDIKIT, menuai SEDIKIT; menabur BANYAK, pasti menuai BANYAK.

APLIKASI
1. Apa yang timbul dalam hati anda ketika mendengar Menabur SEDIKIT, menuai SEDIKIT; menabur BANYAK, pasti menuai BANYAK ?
2. Hal-hal apa saja yang sudah anda alami dengan pernyataan diatas ?

DOA UNTUK HARI INI
Ampuni kami Tuhan jika terkadang kami sulit untuk menabur, kami mau berkomitmen merubah semua itu. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN :
Keluaran Pasal 7-8
Matius Pasal 15 ayat 1-20